Musrembang RKPD Bukittinggi Digelar Secara Online

oleh -277 views
Kepala Bapelitbang Bukittinggi, Rismal Hadi
Kepala Bapelitbang Bukittinggi, Rismal Hadi

Bukittinggi,dekadepos.com

Besok, Senin,13 April 2020 Pemerintah Kota Bukittinggi mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Bukittinggi tahun 2021. Musrembang yang dibuka Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias itu diadakan secara Online. Dan peserta Musrenbang dapat mengunduh materi Musrenbang melalui Google Drive dengan alamat http://bit.ly/musrenbangbkt21 .           

Kepala Bapelitbang Kota Bukittinggi Rismal Hadi kepada Dekadepos, Sabtu (11/4/2020) menjelaskan,Musrenbang RKPD merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka membahas rancangan Rencana Kerja Pemerinrtah daerah. Dan merupakan salah satu tahapan dalam rangka penyusunan RKPD Kota Bukittinggi tahun 2021.

Sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistim Perencanaan Pembangunan Nasional. Dimana salah satu pendekatan yang di pakai dalam Penyusunan Perencanaan Pembangunan Daerah, pendekatan secara Top Down dan Bottom Up Planning yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kelurahan sampai Tingkat Kota dan dilanjutkan ke tingkat Provinsi dan nasional.

Untuk kita di Bukittinggi, Musrenbang Tingkat Kelurahan sudah diadakan di 24 Kelurahan dari tanggal 3 sampai 13 Februari 2020 yang lalu dan dilanjutkan dengan Musrenbang Tingkat Kecamatan di tiga Kecamatan pada tanggal  18 sampai 20 Februari yang lalu. Dan terakhir akan diadakan Musrenbang Tingkat Kota pada Senin (13/4), dan hasil musrenbang tingkat Kota itu akan dijadikan bahan Penyempurnaan rancangan RKPD kota Bukittinggi tahun 2021, ungkap Rismal Hadi

Namun, saat ini kita sedang dilanda Pandemi Covid-19,dan tahapan Musrenbang tingkat Kota ini harus dilaksanakan. Walaupun tidak lagi dalam bentuk pertemuan tatap muka secara langsung dengan menghadirkan seluruh Stakeholder terkait.

Untuk itu, sesuai dengan protokol  Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19, yang mana harus  menghindari pertemuan massa dalam jumlah yang besar. Maka Musrenbang Tingkat Kota Bukittinggi ini diadakan secara Online. Dimana peserta Musrenbang bisa mengikuti Musrenbang dari rumah masing masing ataupun dilokasi peserta berada dengan meng klik http://bit.ly/musrenbangbkt21.  Maka peserta musrenbang datap mengunduh materi  Musrenbang  yang telah di Upload di Google Drive, sekaligus dapat memberikan masukan ataupun saran melalui nomor WA dan alamat email yang telah disediakan.

 Artinya, walaupun Musrenbang Tingkat Kota Bukittinggi tidak diadakan secara terbuka atau tidak melalui tatap muka secara langsung. Namun secara Online dengan membuka Google Drive dan mengklik http://bit.ly/musrenbangbkt21 peserta mus renbang ataupun masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya. Semua masukan ataupun aspirasi masyarakat itu akan tetap diserap untuk pembangunan Bukittinggi kedepannya, ungkap Rismal Hadi.

Untuk itu, Rismal Hadi mengharapkan kepada peserta Musrenbang ataupun masyarakat agar dapat melihat materi materi Musrebang RKPD Kota Bukittinggi tahun 2021 menguploadnya di Google Drive dan mnyampaikan aspirasinya.

Sehingga tujuan dari Musrenbang ini, untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran Pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi Sumatera Barat. Menyepakati prioritas  prembangunan daerah serta membahas dan menyepakati program dan kegiatan prioritas Pembangunan Skala Kota yang akan dimuat pada RKPD tahun 2021 dapat tercapai secara maksimal. kata Rismal Hadi.

Ditambahkan oleh Kepala Bapelitbang kota Bukittinggi itu, dalam Google Drive itu juga dapat dilihat Sambutan dan Paparan Walikota Bukittinggi tentang Capaian dan Arah Pembangunan Kota Bukittinggi tahun 2021. Sambutan Ketua DPRD Kota Bukittinggi tentang Pokok Pokok Pikiran DPRD Kota Bukittinggi dan Laporan Kepala Bapelitbang Kota Bukittinggi yang di Videokan.

Disamping itu ada paparan Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat tentang Arah dan Kebijakan Pembangunan Provinsi Sumatera Barat. Juga ada sasaran dan program prioritas RKPD Kota Bukittinggi tahun 2021 serta Form usulan, masukan dan saran untuk perencanaan Pembangunan Kota Bukittinggi tahun 2021. Tambah Rismal Hadi.( Edis )