Musrembang Tanah Datar Bahas Kegiatan Fisik dan Non Fisik di Nagari

Batusangkar,dekadepos.com

Program – program sudah disusun Wali Nagari bersama stake holder harus disepakati dahulu dan saat musrembang tinggal memfinalkan skala prioritas.

Bacaan Lainnya

Demikian diutarakan Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Zulkifli SR, Senin (28/1/2019) kemaren ketika membuka Musrembang di gedung pertemuan kantor Wali Nagari Salimpauang.

Sehubungan aktivitas di nagari, Zulkifli meminta agar dilaksanakan lebih awal dan sesuai kalender dan time scheduale, sehingga dana dinagari dapat terserap efektif dan tidak terjadi Silpa tahun berikut.

Diharapkan Zulkifli, dana nagari diprioritaskan untuk pemberdayaan perekonomian masyarakat sehingga masyarakat lebih mandiri dan dapat menopang pendapatan daerah Tanah Datar.

Sementara, ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra SE didampingi Wakil Ketua DPRD dan anggota DPRD berharap agar realisasi anggaran sudah direncanakan secara matang sehingga tidak menjadi silpa dan semua kegiatan diakomodir dimasukkan dalam RKPD (Rencana kerja pembangunan Daerah) nagari.

Anton meminta seluruh kegiatan sudah direncanakan agar dimasukan dalam RKPD Nagari, karena masih ada sekitar 30 persen belum dimasukan dalam RKPD nagari.

Sementara, dalam kesempatan itu Wali nagari Salimpauang Marjohan menjelaskan nagrari Salimpauang memiliki penduduk 5.143 jiwa (1.537 KK) membutuhkan anggaran cukup besar untuk pembangunan fisik.

Di tahun 2018, Nagari Salimpaung memperoleh anggaran sebesar Rp3.439.849.400,- bersumber dari APBD Kabupaten,Provinsi dan APBN dengan realisasi sebesar Rp 2.659.671.215,- atau 77,32 persen, sisa Silpa sebesar Rp780.178.185 atau 22,68 persen.

Anggaran tahun 2019 diprioritaskan untuk pembangunan fisik seperti perbaikan irigasi sawah masyarakat. Sedangkan anggaran tahun 2020 mendatang dimanfaatkan untuk membangun jalan,embung,irigasi,rehab rumah tidak layak huni, pelatihan adat,sumbang 12,TTG, pemberdayaan remaja masjid, pengelolaan sampah dan lain-lain.

Musrembang sehari penuh dihadiri kepala OPD, Camat Salimpaung
Liza Martini, Forkopimca, Wali Nagari se-Kecamatan Salimpaung, Tokoh masyarakat, Ninik mamak, alim ulama, cerdik pandai, bundo kanduang dan undangn lain. (Hatiar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *