Nasrul Abit Ajak Generasi Milenial Lebih Mencintai Masjid dan Alquran

 

SOLOK, dekadepos.com-

Wakil Gubernur Sumatera Barat H. Nasrul Abit Datuak Malintang Panai mengajak masyarakat untuk berantas melawan Narkoba. Kepedulian masyarakat melawan terhadap narkoba sangatlah penting demi kelangsungan generasi muda bangsa.

“Saat ini kita sangat prihatin dengan maraknya narkoba merasuk dan merusak generasi muda nangsa. Untuk itu,  pemuda harus ikut menjadi pelopor pemberantasan narkoba di Kabupaten Solok dan Sumatera Barat, ” sebut Nasrul Abit,  saat meresmikan  masjid Baitul Makmur, Jorong Aia Batumbuak Nagari Paninjawan, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok,  Minggu (23/2)

Mari kita jadikan Masjid yang kita resmikan ini, makmurkan bersama dengan generasi muda untuk peningkatan keimanan dan ketaqwaan sebagai salah satu cara membentengi generasi muda dari narkoba dan penyakit LGBT,” kata Nasrul Abit.

Wagub Sumbar mengajak semua pihak bisa makmurkan masjid, mulai dari Subuh Barokah dan Magrib Berjemaah agar generasi muda bisa lebih mendekatkan kepada Allah SWT dan dijauhi dengan perbuatan maksiat.

Disebutkan Nasrul Abit,  Keprihatinan pemerintah Sumbar terhadap semakin maraknya penyeludupan, peredaran dan pengonsumsian narkoba oleh masyarakat, khusus pelajar, bahkan sudah masuk kepelosok desa. Selain itu  ditambah dengan penyebaran penyakit Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) di Sumatera Barat sudah mengkhawatirkan.

“Ini membuat Premprov Sumbar sangat khawatir. Pengedar narkoba terbesar ada di Sumbar itu tidak bisa terbantahkan. Banyaknya penangkapan pelaku narkoba di Sumbar membuktikan bahwa Sumbar tempat yang sasaran bagi pelaku narkoba,” ungkap Wagub Sumbar Nasrul Abit.

LGBT telah berimbas kepada tingginya jumlah kasus HIV/AIDS di Sumbar. Berdasarkan data yang diperoleh tim konselor penelitian perkembangan HIV/AIDS, ada 18 ribu LGBT di Sumbar. Hal tersebut membuat LGBT menempati posisi teratas masalah sosial di Sumbar.

“Untuk itu perlu ada perhatian khusus terhadap generasi muda perlu dilakukan, mulai dari keluarga, ninik mamak, bundo kanduang, dan masyarakat. Baik di rumah, di sekolah, di lingkungan masyarakat atau dimanapun mereka berada.

“Saya berharap generasi milenial saat ini lebih mencintai Masjid dan Alquran. Mari kita makmurkan masjid di isi dengan kegiatan agama,” ajak Nasrul Abit.

Sebelumnya Ketua Panitia pelaksana, M. Jilis Dt Rajo Penghulu dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Wakil gubernur dan Eakil Bupati Solok atas kehadirannya di Nagari Paninjawan dalam rangka acara peresmian pemakaian masjid Baitul Makmur Jorong Aia Batumbuak Nagari Paninjawan. Disebutkannya, Pembangunan mesjid ini sudah dimulai sejak tahun 2016, berkat bantuan masyarakat Nagari Paninjawan baik yang berada di kampung maupun yang berada di rantau dan bantuan beberapa donatur diantara dari Pertamina 186 juta dan PT Angkasa Pura sebesar 30 juta.

Walinagari Paninjawan,  Darsel Ilyas,  dalam sambutannta juga menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang di Nagari Paninjawan kepada bapak wakil gubernur Sumatra Barat dan Wakil Bupati Solok. “Saya berharap kepada seluruh masyarakat Nagari Paninjawan untuk selalu membantu perawatan Masjid Baitul Makmur ini nantinya,” sebut Darsel Ilyas.

Ucapan terimakasih dan Selamat datang di Nagari Paninjawan kepada bapak Wakil Gubernur dan Wakil Bupati Solok juga datang dari tokoh masyarakat Paninjawan,  H. Syamsu Rahim. “Mewakili masyarakat Nagari Paninjawan kami berharap bantuan untuk kegiatan di perpustakaan Nagari Paninjawan seperti pengadaan buku buku bacaan yang bernuasa Islami dan bantuan pengadaan motor untuk operasional petugas pustaka,” harap Syamsu Rahim.

Soementara Wakil Bupati Solok,  H. Yulfadri Nudin,  SH, dalam sambutannya, memberi apresiasi kepada wali nagari beserta masyarakat Nagari Paninjawan yang telah membangun sebuah masjid yang sangat megah ini.

“Saya berharap dengan peresmian pemakaian masjid ini betul-betul dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan ibadah,” sebut H. Yulfadri Nurdin. Disebutkan Wabup,  Pemerintah daerah sangat mendukung Nagari Paninjawan khususnya Jorong Aia Batumbuak sebagai jorong yang bernuasa Islami.

Mengenai pembangunan MDA disamping masjid dan bantuan untuk perpustakaan nagari akan kita tindak lanjuti dengan berkoordinasi dahulu dengan pihak terkait lainnya.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Nagari Paninjawan untuk selalu mendukung program Kabupaten Solok yaitu magrib mengaji dan subuh berjamaah,” tutur H. Yulfadri Nurdin (wandy)