Nazril Effendi, Dinobatkan Sebagai Pemangku Adat Datuk Kandomarajo

oleh -657 views

Pasaman Barat, Dekadepos.com

H. Tuanku Asrul. SE. MH Yang Dipertuan Kinali lakukan penobatan ( pengukuhan) terhadap Nazril Effendi sebagai pemangku adat dengan gelar Datuak Kandomarajo suku jambak dalam penobatan turut hadir Pj. Wali Nagari Kinali Muslim Dtk Rajo Magek serta undangan dan hadir 36 ninik mamak Kinali dalam payung panji Tuanku Asrul, SE. MH Yang Dipertuan Kinali, rabu 4/8-2021, dimana pelaksanaan ini dengan memakai standar prokes covid. 19.

Dalam Maklumatnya adatnya Tuanku Asrul, SE. MH Yang Dipertuan Kinali menegaskan bahwa bagi ninik mamak yang telah dilakukan penobatan atau bali mauan agar menjalankan tugasnya sesuai aturan adat yang berlaku dalam kaum dan banagari agar tidak menimbulkan masalah di tengah-tengah kaum ataupun masyarakat, ujar Asrul.

Untuk itu agar tidak membingungkan cucu kemenakan atau masyarakat Kinali pada khususnya, demi kejelasan tatanan adat bakinali sangat perlu kita pertegas, sehingga kita lakukan penobatan/pengukuhan secara adat bagi ninik- mamak Kinali yang lain juga akan kita lakukan hal yang sama.

Sementara itu Muslim Dtk RajoMagek selalu Pj. Wali Nagari kinali dalam sambutannya mengajak agar memberikan pelayanan terhadap cucu kemenakan jangan sampai tebang pilih, sebab kaum adat sangat erat hubungannya dengan pemerintah dan saling mendukung dalam segala hal, tegas Muslim selalu Pj wali Nagari kinali.

Sedangkan Nazril Effendi, S. Pd dtk Kandomarajo, yang baru di nobatkan ia menyampaikan bahwa dirinya masih terlalu muda maka butuh bimbingan dan arahan untuk lebih baik karena ” Kok umua satahun jaguang kok darah satampuak pinang, ” maka dalam menjalankan kegiatan adat ia menitipkan sementara sebagai pelaksana adat nya adalah mamak Darmawi, tegasnya.

Jadi kita mengajak cucu kemenakan agar bisa saling menghargai dan membatu dalam menerapkan pelaksanaan adat dalam kaum Jambak di kampung koto Padang ini, ajak Nazril effendi dtk Kandomarajo.

Dan ia mengucapkan Terima kasih yang tak terhingga pada cucu kemenakan urang sumando dan semua ninik mamak yang telah membantu lancarnya kegiatan penobatan gelar Datuak Kandomarajo, ungkapnya.

Dan kita minta kepada semua element agar tetap menjaga ketertiban, kedamaian dan saling menghormati, serta tetap memakai prokes dalam keseharian, akhirnya. (SMS)

No More Posts Available.

No more pages to load.