Nikmati Keindahan Alam Harau, Air Terjun Sarasah Murai Lebih Eksotis

LimapuluhKota, dekadepos.com

Lembah Harau, salah satu lanskap alam yang luar biasa, keindahan alamnya tak ubahnya bak lukisan yang sempurna. Begitu banyak destinasi yang bisa dikunjungi di tempat ini, diantaranya menikmati pesona air terjun.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa macam air terjun yang bisa dikunjungi di objek Wisata Harau. Dari sekian banyak itu, ada satu air terjun yang membuat mata wisatawan akan terkesima melihatnya, yakni Air Terjun Sarasah Murai.

“Air terjun Sarasah Murai eksotis, Lebih Indah dari air terjun lainnya yang ada di Harau,” sebut Vault Vandellant SH yang saat ini tengah berencana membangun Homestay di kawasan tersebut, Minggu (30/4)

Menurutnya, sarasah murai memiliki keunikan tersendiri, karena alamnya yang masih terjaga sampai sekarang. “Kalau ingin menikmati air terjun yang masih asri, Sarasah Murailah tempatnya,” katanya.

Menurut Paul, Sarasah Murai keasriannya masih terjaga, benar-benar terasa sedang berada di Alam, beda dengan air terjun lainnya yang sudah banyak disulap tangan manusia.

Hal ini jugalah, yang membuat turis mancanagera memilih tempat ini, kalau mereka berkunjung ke Harau, “Kita bisa lihat Air terjun ini lebih banyak dikunjungi turis mancenegara, karena memang keasrian seperti sarah Murai yang mereka cari, ” katanya.

Senada, Jorong Harau Deshendri menjelaskan, Sarasah Murai merupakan salah satu air terjun tersembunyi yang bertempat di pedalaman Lembah Harau, suasananya masih asri belum terlalu banyak warga maupun wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini.

Dikatakannya, lokasi Sarasah Murai berjarak lebih kurang 1 KM dari pintu masuk Harau, wisatawan harus melewati perkampungan warga. Selama perjalanan menuju lokasi kita disuguhkan dengan tebing-tebing menjulang tinggi dihamparan sawah yang asri dengan medan perjalanan yang cukup menantang.

Selain itu, setelah sampai dilokasi pakiran, wisatawan mesti berjalan kaki sejauh 100 M sambil melewati hutan milik warga yang hijau menjulang.

“Diyakini setelah sampai dilokasi ini rasa penat dan letih selama perjalanan akan hilang melihat keindahan air terjun yang bertingkat dan berbatu,” katanya.

Menurutnya, Sarasah ini diberi nama Sarasah Murai karena merupakan lokasi tempat permandian burung-burung di siang hari.

“Jadi, sambil menikmati keindahan air terjun bertingkat wisatawan juga akan dihibur dengan nyanyian burung-burung disana,” sebutnya.(rdo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *