Pacu Itik Di Padang Laweh Keripik Singkong dan Kulabu Asok Berbagi Juara

oleh -176 views

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Pacu lomba terbang itik Renbound Luak Limopuluah putaran ke lima yang berlangsung di gelanggang Padang Laweh, nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu, Padang Panjang,  Kecamatan Luhak, Kabupaten Limapuluh Kota digelar Sabtu dan Minggu 4 hingga 5 Agustus 2018. Kegiatan tersebut berlangsung meriah. Kiri kanan sepanjang rute jalan di jorong tersebut yang merupakan arena disesaki penonton. Bahkan Jasmi Mukhtar, salah seorang perantau Pekanbaru Asal Luhak Limopuluah ikut hadir menyaksikan acara yang cukup langka itu.

Selama pacuan dua hari itu, lebih kurang 60 rit berjalan dan diikuti ratusan ekor itik dari sebelas gelanggang yang berada di kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh. Pada rit puncak hari pertama menempuh jarak 1.600 meter dimenangkan itik Karipik Singkong dari gelanggang Padang Cubadak Sicincin, kota Payakumbuh. Itik milik Ii ini seminggu sebelumnya juga merajai rit puncak  yang dikenal juga dengan pacuan Boko di gelanggang Aur Kuniang, Payakumbuh Selatan.Pemenang kedua pada rit ini diraih itik bernama Dian Guguak dari gelanggang Tigo Balai. Disamping meraih tabanas, kedua pemilik itik ini juga diganjar tropy lepas yang disediakan panitia.

Disampimng rit puncak, pada hari pertama ini juiga ada  rit istimewa  yang disebut  Grand Prix dengan jarak tempuh 1.200 meter. Itik bernama Padang Sakampuang dari galanggang tuan rumah berhasil menjadi pemenang. Runner-unya itik Taruko dari gelanggang Padang Panjang. Masih di jarak tempuh 1.200 meter memperebutkan bintang emas, dimenangkan itik dengan nama Shukoy.

Sementara pada pacuan puncak hari kedua, rit Boko dimenahgkan itik bernama Buraq dari gelanggang Aua Kuniang. Pemenang II dan III diraih itik bernama Urai dari gelanggang Tanjuag Simantuang, dan itik Keripik Singkong dari gelanggang  Padang Cubadak Sicincin.

Untuk jalan Grand Prix (1.200 M), dimenanhgkan itik Kulabu Asok dari gelanggang Padang Panjang. Runner-upnya itik Dian Guguak dari gelanggang Tigo Balai.Pada rit memperebutkan sebuah bintang mas dijari kedua ini dimenangkan itik Ratu Bangau dari Renbound, dan itik Kapeh Panji dari gelanggang Aua Kuniang sebagai runner-up nya.

Pacuan putaran kelima di galanggang Padang  Laweh ini juga mendapat perhatian dan kepedulian dari Jasmi Mukhtar. Perantau Pekanbaru asal Tanjung Pauh, kecamatan Payakumbuh Barat ini turut meringankan beban panitia dengan bantuan materilnya. Kedatangan Jasmi Mukhtar disambut dengan tari gelombang oleh generasi muda setempat. Jasmi juga berkenaan menyerahkan hadiah  pemenang rit puncak pada pacuan hari kedua.

Putaran kelima, sepertti dikatakan ketua PORTI kota Payakumbuh N Dt Rajo Endah kepada awak media , akan berlangsung di gelanghgang Padang Panjang ( 11 dan 12/) mendatang. (Edw).

No More Posts Available.

No more pages to load.