Partai Hanura Nyalakan Lampu Hijau untuk Basri Latief Dampingi Petahana Zuldafri Darma

oleh -612 views

TANAH DATAR, dekadepos.com-

Akhirnya, Partai Hanura nyalakan lampu hijau untuk kader terbaiknya Ketua DPC Partai Hanura Kota Payakumbuh, Basri Latief.SH Datuak Majo Basa, maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Tanah Datar mendampingi Wakil Bupati incumbent Zuldafri Darma,SH  maju sebagai bakal calon Bupati Tanah Datar pada Pilkada 2020 mendatang.

Kesempatan maju sebagai balon Wakil Bupati Tanah Datar tersebut diperoleh Basri Latief setelah secara resmi mendapatkan Surat Tugas dari Tim Pilkada Pusat Dewan Pimpinan Pusat ((TPP-DPP) Partai Hanura melalui surat nomor: 116/TPP/DPP-HANURA/VII/2020 tertanggal 8 Juli 2020.

Adapun inti dari Surat Tugas TPP-DPP Partai Hanura tersebut menyetujui Basri Latief bersama-sama dengan Zuldafri Darma maju sebagai calon Bupati dan calon Wakil Bupati Tanah Datar.

Atas persetujuan itu, Basri Latief mendapat intruksi dari TPP-DPP Partai Hanura untuk segera melaksanakan konsolidasi pemenangan Pilkada 2020 dengan DPD dan DPC Partai Hanura di Daerah Pemilihan.

Disamping itu, basri Latief diminta untuk segera menyiapkan koalisi partai pendukung untuk memenuhi syarat pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada serentak tahun 2020 di KPU Kabupaten Tanah Datar.

Adanya lampu hijau dari TPP DPP Partai Hanura untuk Basri Latief maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Tanah Datar mendampingi Wakil Bupati incumbent Zuldafri Darma, mendapat dukungan dari berbagai elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Tanah Datar, utamanya dari elemen masyarakat Kecamatan Batipuah Selatan dan Batipuah X Koto. (Wilayah Barat)   

“Ini adalah sebuah kebangkitan dari wilayah Barat yakni Kecamatan Batipuah dan Batipuah X Koto.Pasalnya, selama ini belum pernah ada putra terbaik dari Wilayah Barat maju sebagai calon Wakil Bupati, ” ujar sesepuh Perwatar Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,red), Yanto Sutan Sati, memberikan dukungan.

“Secara peta wilayah, menggabungkan Wilayah Barat dan Wilayah Timur, tentunya sebuah kekuatan besar yang sangat menguntungkan bagi Zuldafri Darma dan Basri Latief memenangkan Pilkada Tanah Datar,” ulas Yanto Sutan Sati

DIDUKUNG PERWATAR LUAK LIMOPULUAH

Diakui Yanto Sutan Sati, adanya lampu hijau dari TPP DPP Partai Hanura untuk Basri Latief maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Tanah Datar mendampingi Wakil Bupati incumbent Zuldafri Darma, tak hanya mendapat dukungan dari masyarakat wilayh Barat dan Timur saja.

Namun dukungan penuh juga akan diberikan oleh keluarga besar Persatuan Warga Tanah Datar (Perwatar) Luhak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,red).

“ Sebagai putra Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, yang lama berkarir sebagai PNS di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota dan bahkan pernah menjadi wakil rakyat di Kota DPRD Payakumbuh dan kini menjabat sebagai Ketua DPC Partai Hanura di Kota Payakumbuh, keberadaan Basri Latief,SH Datuak Majo Basa, pantas dipasangkan dengan Wakil Bupati incumbent Zuldafri Darma,” ujar Yanto Sutan Sati.

Diakui Yanto Sutan Sati, dorongan Perwatar Luak Limopuluah untuk mendukung Basri Latief maju dalam Pilkada Kabupaten Tanah Datar, semata-mata karena melihat keberhasilannya selama mengabdi di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, baik sewaktu bertugas sebagai Kepala Samsat Payakumbuh dan Kepala Samsat Kabupaten Limapuluh Kota.   

Tak hanya itu, ulas Yanto Sutan Sati, selama Basri Latief menjabat Kepala Samsat Payakumbuh dan Kepala Samsat Kabupaten Limapuluh Kota termasuk ketika dia menjadi wakil rakyat di DPRD Kota Payakumbuh, Basri Latief sangat dekat dengan masyarakat. Selain rendah hati dia punya jiwa sosial dan suka menolong kepada masyarakat yang membutuhkan bantuannya.

“ Intinya, jika Zuldafri Darma-Basri Latief maju pada Pilkada Tanah Datar, anak rantau yang bermukim di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota siap pulang kampung untuk memenangkan pasangan Zuldafri Darma-Basri Latief,”pungkas Yanto Sutan Sati.

Sementara itu sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Tanah Datar menyambut positif adanya lampu hijau untuk Basri Latief maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Tanah Datar mendampingi Wakil Bupati incumbent Zuldafri Darma.

“ Diyakini, warga Nagari Barulak pasti akan memberikan dukungan untuk pasangan Zuldafri Darma-Basri Latief, karena ini sebuah kebangkitan untuk Kabupaten Tanah Datar lebih maju dan lebih baik lagi,” ujar Zal Ahmadi, SH memberikan dukungan.

Dukungan yang sama juga muncul dari tokoh masyarakat Tanjung Baru, M. Illar Siin dan tokoh masyarakat Tanjuang Alam, Datuak Bandaro Budi. Setelah itu dari tokoh masyarakat Barulak, Datuak Rangkayo Mudo, tokoh pemuda Barulak, Asmar dan Jasman Efendi. Sedangkan Bundo Kanduang nagari Barulak, Titin Sumarni dan Mutia Ramses juga menyatakan akan memberikan dukungan untuk Zuldafri Darma-Basri Latief.

Sementara itu dukungan dari Tanjung Alam muncul dari tokoh pendidik TPA, Yurnelis. Dukungan yang sama juga muncul dari tokoh masyarakat nagari Sungai Patai, Sungayang, Ustadz Malin Mudo, dan tokoh pemuda Kumango, Pendi serta tokoh masyarakat dari Sungai Tarab, Mastin.

Sedangkan dikalangan pengusaha muncul dukungan dari Jonis asal Limo Kaum, Zul Fajri dari Nagari Minangkabau, Sungayang, Zuri Febrina Bundo Kanduang Kubu Karambia, Batipuah, Erna Juita Sungai leman, Kec, Sungai Tarab dan aktifias Muhammadiyah Batipuah Selatan, Romaka Pahlawan. (ds)