Pasang APK, Peserta Pemilu Harus Miliki Izin

oleh -185 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

Peserta Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 dan Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang akan memasang Alat Peraga Kampanye (APK) yang difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun APK tambahan harus mempunyai/memiliki izin dari Pemilik tempat. Hal tersebut menjadi salah satu fokus dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh hingga Bawasalu tingkat Kecamatan (Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Panwascam Payakumbuh Selatan Arief Budiman didampingi komisioner Syafarman dan Zulfadli kepada wartawan di Kantornya di Kelurahan Padang Karambia, Jum’at sore 4 Januari 2019. Arief menyebutkan, setelah dilakukan beberapa kali penertiban, juga dilaksanakan sosialisasi kepada Calon Legislatif (Caleg) di yang ada di Kecamatan Payakumbuh Selatan, disampaikan bahwasanya persoalan aturan pemasangan APK di tempat perorangan atau swasta, harus ada keterangan secara tertulis dari pemilik tempat.

“Harus dilaporkan ke KPU setelah itu diteruskan ke Bawaslu, apalagi untuk di warung-warung terlepas dari hubungan antara peserta pemilu dengan pemilik warung, kita juga sampaikan kepada peserta untuk mengurus surat perizinannya,” ujar Arief.

Arief juga menyebutkan, hal tersebut sesuai dengan SK KPU Nomor : 35/HK.03.1-Kpt/1376/KPU.Kot/IX/2018 poin ke empat menyebutkan “Pemasangan APK di tempat yang merupakan milik perseorangan atau badan swasta harus disertai izin secara tertulis dari pemilik lokasi”.

“Untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 3 yang salah satunya meliputi Kecamatan Payakumbuh Selatan kita sudah melaksanakan penertiban sudah sesuai dengan aturan, sebelum melakukan penertiban APK yang tidak sesuai aturan, kita juga telah menginformasikan kepada Parpol dan Calegnya bahwa akan melakukan penertiban. (Edw)