Paslon Perseorangan Pilkada Bukittinggi, Ramlan-Syahrizal Dinyatakan Penuhi Syarat

oleh -1.191 views
Ketua KPU Bukittinggi Heldo Aura yang didampingi Komisioner KPU Bukittinggi menyerahkan hasil Verifikasi Faktual lapangan kepada Edison didampingi Sultan Fazbir selaku Tim Pasangan Ramlan Nurmatias-Syahrizal Dt Palang Gagah setelah membacakan hasil Verfikasi faktual dalam rapat Pleno KPU Bukittinggi di Royal Denai Hotel.

Bukittinggi,Dekadepos.com

Pasangan Bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi dari jalur perseorangan H.Ramlan Nurmatias – H.Syahrizal Dt Palang Gagah setelah melalui Verifikasi Faktual lapangan dinyatakan KPU Kota Bukittinggi “Memenuhi Syarat” dan berhak maju sebagai Calon Walikota dan wakil Walikota Bukittinggi pada Pilkada serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020 mendatang.

Kepastian itu terungkap dalam rapat pleno terbuka, terkait rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan serentak tahun 2020 yang dilaksanakan KPU Kota Bukittinggi di Grand Royal Denai Hotel, Senin (20/7).

Ketua KPU Kota Bukittinggi, Heldo Aura,dalam rapat pleno itu menjelaskan, petugas verifikasi faktual telah melaksanakan tugas sejak beberapa minggu lalu. Verifikasi faktual dilakukan untuk satu bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat dari jalur perseorangan khusus untuk Bukittinggi dengan jumlah sebanyak 6.216 dukungan.

“Sementara untuk tiga balon Walikota dan Wakil Walikota dari jalur perseorangan Bukittinggi  dilakukan verifikasi faktual sebanyak 36.143 dukungan,” jelasnya.

Hasil Verifikasi faktual untuk bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar jalur perseorangan khusus untuk Bukittinggi Pemilihan Gubernur, di Kec.Mandiangin Koto Selayan ( MKS ), dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 850 dukungan. Kec.Aua Birugo Tigo Baleh
(ABTB), dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 354 dukungan. Kec.Guguak Panjang, dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 1.015 dukungan. Sehingga secara keseluruhan untuk Kota Bukit tinggi dukungan bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar jalur perseorangan Fachrizal-Genius Umar, yang memenuhi syarat, berjumlah 2.219 dukungan.

Hasil Verifikasi faktual untuk Bakal Pasangan Calon Walikota – Wakil Walikota Bukittinggi jalur perseorangan, atas nama H.Ramlan Nurmatias- H.Syahrizal Dt Palang Gagah, di kec. MKS, dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 6.041 dukungan. Kec. ABTB, dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 2.248 dukungan. Kec. Guguak Panjang, dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 3.669 dukungan . Sehingga secara keseluruhan untuk Kota Bukittinggi dukungan bakal pasangan calon Ramlan Numatias-Syahrizal, yang memenuhi syarat, berjumlah 11.958 dukungan.

Hasil Verifikasi faktual untuk Bakal Pasangan Calon Walikota – Wakil Walikota Bukittinggi jalur perseorangan, atas nama Martias Tanjung-Taufik DT. Nan La weh, di kec. MKS, dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 386 dukungan. Kec. ABTB, dukungan yang memenuhi syarat
sebanyak 110 dukungan. Kec. Guguak Panjang, dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 358 dukungan. Sehingga secara keseluruhan untuk Kota Bukittinggi dukungan bakal pasangan calon Martias Tan jung-Taufik DT. Nan Laweh, yang memenuhi syarat, berjumlah 854 dukungan.

Hasil Verifikasi faktual untuk Bakal Pasangan Calon Walikota – Wakil Walikota Bukittinggi jalur perseorangan, atas nama M. Fadhli-Yon Afrizal, di kec. MKS, dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 644 dukungan.Kec.ABTB, dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 241 dukungan.Kec. Guguak Panjang, dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 632 dukungan. Sehingga secara keseluruhan untuk Kota Bukittinggi dukungan bakal pasangan calon M. Fadhli-Yon Afrizal, yang memenuhi syarat, berjumlah 1.517 dukungan.

“Dari hasil pleno tingkat kota itu, didapat hasil,bakal pasangan calon Wali Kota dan Wali Kota Bukittinggi dari calon perseorangan atas nama Ramlan Nurma tias-Syahrizal memenuhi syarat sebagai calon perseorangan. Sementara dua bapaslon lainnya, Martias Tanjung-Taufik
DT. Nan Laweh dan M. Fadhli-Yon Afrizal, masih diberi kesempatan untuk perbaikan dari tanggal 25 sampai 27 Juli 2020 mendatang,” ungkap Heldo Aura.

Hasil itu menjadi keputusan dalam rapat pleno terbuka, terkait rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan serentak tahun 2020. Namun, hasil tersebut, tidak ditandatangani oleh dua bapaslon, M. Fadhli-Yon Afrizal dan Martias Tanjung-Taufik DT. Nan Laweh.(Edis )