Payakumbuh Deklarasi Damai Pilgub Sumbar

oleh

Payakumbuh, Dekadepos.com

Berbagai Komponen Masyarakat di Kota Payakumbuh mendeklarasikan Kesepakatan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat yang damai, aman dan sehat. Kegiatan tersebut digelar dalam Apel Kebangsaan dalam rangka menjaga Keutuhan NKRI di Kota Payakumbuh, Rabu pagi 2 Desember 2020 di Balaikota Payakumbuh Kawasan Bunian Ex. Lapangan Sepakbola Kapten Tantawi.

Selain dihadiri FORKOMPINDA, juga ikut hadir KPU, BAWASLU, sejumlah Kepala OPD juga hadir Perwakilan Partai Politik (PARPOL) pengusung empat Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar pada Pilkada tahun 2020 ini.

Kegiatan yang menerapkan Protokol Kesehatan itu diawali dengan pembacaan Ikrar Kebangsaan  Deklarasi Pilkada damai dan dilanjutkan dengan penandatanganan Kesepakatan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar tahun 2020 secara Damai, aman dan swhata di sebuah spanduk besar yang disediakan oleh Panitia Pelaksana.

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemko Payakumbuh selalu siap dalam memfasilitasi terlaksananya Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar tahun 2020, masyarakat diminta untuk hadir saat hari pemberian hak pilih/pencoblosan.

” Pada Pilkada tahun ini, kita di Payakumbuh hanya melakukan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar, untuk itu mari kita sukseskan dengan cara memberikan hak pilih.” Sebutnya.

Erwin juga menambahkan, saat ini pengaruh Media Sosial (MEDSOS) perlu diiskapi dengan bijak demi menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, Payakumbuh juga menyatakan sikap menolak segala bentuk kekerasan, radikalisme serta terorisme di Indonesia.

” Negeri kita terkenal dengan keberagaman nya, untuk itu mari kita terus menjaga persatuan dan kesatuan, agar NKRI tetap utuh.” Ucapnya.

Sementara Kakan Kesbangpol, Budhy D. Permana disela-sela kegiatan, terus mengingatkan dan mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan berita bohong (HOAX) yang bisa merusak persatuan, terutama jelang hari Pemilihan.

” Kita terus himbau masyarakat untuk menyaring setiap informasi yang diterima, jangan buru-buri percaya atau dibagikan kepada pihak lain ketika kebenaran dan sumber informasi tersebut tidak jelas.” Ucapnya.

Ketua BAWASLU Kota Payakumbuh, M. Khadafi saat memberikan mengingatkan seluruh peserta Pilkada tahun 2020 untuk betul-betul di masa tenang, agar terwujud Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar yang aman Daman dan sehat.

” Seluruh faktor dan variabel yang selama ini baik, mari terus kita pertahankan, mari terus patuhi seluruh aturan.” Ucap mantan Ketua KPU Payakumbuh itu. (Edw).