PAYAKUMBUH TERIMA PENGHARGAAN KOTA PEDULI HAM 2018

oleh -345 views

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke -70 tahun 2018 membawa berkah, pasalnya Pemerintah Kota Payakumbuh kembali menerima penghargaan tingkat Nasional dari Pemerintah Republik Indonesia atas prestasinya sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Rida Anand,a yang mewakili Walikota Payakumbuh menerima penghargaan tingkat Nasional tersebut dari, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasona Hamonangan Laoly, Ph.D, dalam sebuah acara di Kementerian Hukum dan HAM , Jakarta (11/12) siang.

Acara yang dihadiri pula Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Komnas HAM, Komnas Perlindungan Anak, Komnas Perempuan, dan Bupati/Walikota yang memperoleh penghargaan peduli HAM di tahun 2018 ini.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasonna H. Laoly dalam sambutannya mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada pimpinan daerah atas upaya mereka dalam membina dan mengembangkan wilayahnya menjadi kabupaten dan kota yang Peduli Hak Asasi Manusia. Ia mengapresiasi kepada kepala daerah yang telah konsisten menjalankan gal tersebut.

“Penerapan prinsip-prinsip HAM terhadap masyarakat harus terus kita tingkatkan. Indonesia adalah negara yang memiliki komitmen tinggi atas kepeduliannya dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap hukum dan HAM,” kata Menkumham dan berharap peringatan Hari Hak Asasi Manusia ini bisa menjadi momentum untuk lebih meningkatkan pemenuhan Hak Asasi masyarakat.

Ia menjelaskan bahwa penghargaan sebagai Kota Peduli HAM ini merupakan upaya dari Kemenkumham memotivasi dan mendorong realiasasi pemenuhan hak-hak dasar masyarakat oleh pemerintah daerah. Dalam hal ini pemenuhan terhadap gizi kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, pekerjaan, perumahan yang layak dan lingkungan yang berkelanjutan.

“Di sini kami melihat upaya pemda meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, dan pendekatan kemajuan HAM terhadap masyarakat kabupaten dan kota yang ada di Indonesia,” kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasonna H. Laoly dalam acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke 70 di Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Kota Payakumbuh sendiri merupakan salah satu dari 409 kabupaten dan kota di Indonesia yang ikut berpartisipasi menyampaikan data capaian terkait pemenuhan hak-hak dasar masyarakat. Untuk penghargaan Kota Peduli HAM Tahun 2018 ini, Kota Payakumbuh mendapatkan Kategori Peduli di antara 271 kabupaten dan kota yang juga meraih kategori yang sama.

Rida Ananda mengatakan di Indonesia ada 514 kabupaten dan kota. Tapi yang ikut berpartisipasi menyampaikan data capaian terkait pemenuhan hak-hak dasar masyarakat hanya sebanyak 409 kabupaten dan kota.

“Dalam penghargaan ini ada 3 kategori yaitu Peduli, Cukup Peduli, dan Tidak Peduli. Tercatat sebanyak 271 kabupaten dan kota meraih kategori Peduli, salah satunya Kota Payakumbuh dan sebanyak 75 kabupaten dan kota mendapatkan kategori Cukup Peduli,” kata Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Rida Ananda.

Sementara itu, Walikota Riza Falepi di Balaikota Payakumbuh, Rabu (12/12), mengatakan bahwa prestasi yang diukir kota Payakumbuh adalah sebuah penghargaan dari pencapaian terhadap apa yang telah kita lakukan selama ini.

“Dengan prediket Kota Peduli HAM, pemenuhan hak-hak asasi manusia di kota Payakumbuh, untuk masa yang akan datang terus kita tingkatkan. Dan Kita berharap setiap pekerjaan yang tertib hukum, tertib administrasi tentunya akan berimbas terhadap pemenuhan hak-hak dasar tersebut, demi tercapainya masyarakat Payakumbuh yang sejahtera dan penuh dengan kemakmuran,” pungkas Wako Riza Falepi mengakhiri. (edw)