Peduli, Basri Latief Berbagi Kasih dengan Warga tak Mampu

oleh -158 views

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Meskipun tak lagi sebagai wakil rakyat di DPRD, namun sifat peduli dan ingin selalu berbagi dengan warga tidak mampu, terus bergelora dan tak pernah pupus dalam diri Basri Latief,SH Datuak Majo Basa.

Apalagi akibat terjadinya kasus penyebaran virus corona atau covid-19 yang telah meluluhlantakan tatanan ekonomi negara, suka tidak suka dampaknya telah memporak-porandakan ekonomi masyarakat di daerah, utamanya kalangan warga masyarakat tidak mampu.

“ Atas keprihatinan itu lah, saya ingin berbagi dengan warga tidak mampu, utamanya warga Persatuann warga Tanahdatar yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,” ungkap Ketua DPC Partai Hanura Kota Payakumbuh ini ketika diwawancarai disela-sela kegiatannya membagikan-bagikan beras kepada warga tak mampu dan lansia di Kota Payakumbuh.

Diakui calon Wakil Bupati Tanahdatar ini, bantuan beras dan sembako yang dia salurkan selain tujuannya untuk amal ibadah juga sebagai bentuk nyata dari dirinya dalam rangka mendukung pihak pemerintah meringankan beban warga masyarakat yang semakin berat sejak diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Lebih jauh dinyatakan putra Nagari Batipuah X Koto ini, dia merasa prihatin sekaligus khawatir betapa dahsyatnya dampak sosial atas mewabah virus corona yang dapat mengancam jiwa manusia itu.

“Saya berharap sekaligus bedo’a kepada Allah SWT, semoga wabah yang telah melumpuhkan sendi-sendi kehidupan dan aspek sosial kemasyaratan ini segera berlalu dari negeri tercinta ini,” ulas Basri Latief.

Diakui BasriLatief, terkait adanya himbauan pemerintah kepada warga masyarakat agar di rumah saja, artinya tidak melakukan aktifitas di luar rumah dan selalu memakai masker, tidak menganggu bagi dirinya sebagai bakal calon Wakil Bupati Tanahdatar untuk bersosialisasi ke tengah masyarakat, khususnya kepada warga perantau asal Tanahdatar yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota termasuk didaerah basis pendukungnya di Kecamatan Batipuah.

“Sosialisasi menghadapi Pilkada Tanahdatar yang akan digelar Desember 2020 ini, terus berjalan melalui media sosial dan group WhatsApp,” ungkap Basri Latief yang digadang-gadang akan berpasangan dengan Wabup Incumbent, H. Zuldafri Darma, SH.

Sejumlah warga Payakumbuh, khususnya warga Perwatar yang ada di Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota yang mendapat bantuan beras dan sembako dari Basri Latief, mengaku bangga punya calon pemimpin yang peduli dengan masyarakat.

“Kami berharap, keinginan masyarakat Kecamatan Batipuh X Koto, sebagai basis kuat bagi Basri Latief, SH, Datuak Majo Basa, untuk maju sebagai balon Wakil Bupati yang konon akan mendampingi Wabup Incumbent, H. Zuldafri Darma, SH, terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati untuk periode 2021 mendatang,” ungkap sesepuh Perwatar Luak Limopuluah, Yanto Sutan Sati berkomentar.

Diakui Yanto Sutan Sati, sebagai mantan birokrat yang telah berpengalaman, karena pernah menjabat kepala Samsat di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota dan bahkan pernah menjadi anggota DPRD di Kota Payakumuh, Basri Latief, kami nilai pantas mendampingi Wabup Incumbent, H. Zuldafri Darma, SH. Pada Pilkada 2020 mendatang,” ujar Yanto Sutan Sati dan diamini tokoh Nagari Malalo, Hanen Dt. Jobukik dan tokoh masyarakat Padang Laweh Malalo, Can Amalo.

Diakuinya, sejak Nagari Guguak Malalo dan Padang Laweh Malalo masuk dalam administratif pemerintahan Kabupaten Tanahdatar, belum pernah putra daerah asal Nagari Batipuah X Koto maju atau mencalonkan diri dalam pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tanahdatar.

“ Warga masyarakat Nagari Guguak Malalo berharap agar Basri Latief maju berpasangan dengan Wabup Incumbent, H. Zuldafri Darma, SH. Jika pasangan Zuldafri Darma-Basri Latief, dapat diwujudkan, maka ini adalah pasangan kuat yang akan mendapat dukungan dari masyarakat wilayah Barat yaitu Batipuah X Koto temasuk wilayah lainnya,” timpal Haji Armaini senada dengan Haji Abuzar dan Ashabul Kahfi Dt,Bagindo Basa.

Sementara itu Basri Latief kepada awak media mengakui bahwa dia sudah menghadap ke TPP DPP Partai Hanura di Jakarta. Pihak TPP DPP Partai Hanura sudah merestui untuk berpasangan dengan Wabup Incumbent, H. Zuldafri Darma, SH. (ds)