Peduli Pendidikan, Payakumbuh Berikan Kado Istimewa 66 Milad UMSB Sumatera Barat

PAYAKUMBUH, Dekadepos.com

Upaya memajukan dunia pendidikan di Kota Payakumbuh terus dilakukan walikota Riza Falepi. Salah satu dengan membangun excelent center, perguruan tinggi di kota itu.

Bacaan Lainnya

Baru-baru ini, Pemko Payakumbuh memberikan dukungan pembangunan gedung kampus IV Universitas Muhammadiyah Sumbar dengan dana hibah sebesar kurang lebih 1,5 miliar.

Dukungan terhadap pertumbuhan dunia pendidikan ini sesuai dengan misi Riza Falepi, mewujudkan sumber daya manusia yang handal, sehat, dan kompetitif serta mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia dan berbudaya, berdasarkan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK).

“Tanda sebuah kota akan maju salah satunya dengan mempunyai exelent center, dan lambangnya adalah perguruan tinggi,” sebut walikota Riza Falepi kepada wartawan, Senin (22/11), ketika melakukan Penandatanganan batu prasasti peresmian gedung kampus IV dan mesjid baru Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumbar), yang juga bertepatan pada milad UMSB ke 66.

Menurut Riza, saat ini pemko Payakumbuh fokus dalam memperbanyak perguruan tinggi di Kota itu. Untuk itu, kita sangat mendukung pembangunan perguruan tinggi dengan memberikan hibah kepada UMSB.

“Alhamdulillah dengan dana tidak seberapa, UMSB bisa memanfaatkan dana ini, dan hasilnya luar biasa. Mudah-mudahan ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di Payakumbuh,” katanya.

Untuk kemakmuran sebuah kota, dalam jangka panjang harus diciptakan sistem pendidikan yang baik, jangan sampai mutu pendidikan itu melorot.

“Walaupun saat ini Payakumbuh masih kecil, kalau mutu pendidikan dijaga beberapa tahun kedepan bukan tidak mungkin Payakumbuh akan lebih jauh dari kota-kota besar lainnya di Sumatera Barat,” sebutnya.

Kesempatab itu, Wako Riza Falepi juga mengapresiasi kepeloporan di Universitas Muhammadiyah yang punya pimpinan muda seperti Rektor Riki Saputra. Riza mengaku kaget melihat hasil pembangunan dua gedung yang dibangun dengan sangat bagus dan megah.

“Ibaratnya, kita memberi 5, tetapi hasilnya kita dapat 8, sangat luar biasa. Disini kami melihat ada pengorbanan bersamaan dengan etos kerja. Orang yang punya etos kerja, pengorbanan, dan semangat maju maka hasilnya akan beda,” kata Riza.

Riza menyebut dukungan kuat ini adalah keinginan semua orang untuk maju, apalagi melihat UM Sumbar Kampus IV yang punya jurusan pertanian, maka dalam urusan pendidikan pertanian Riza berharap bagaimana pula outpuntnya menghasilkan produk industri pertanian yang berkualitas dan berdaya saing, baik secara SDM maupun SDA.

“UM Sumbar bersiap-siap menyongsong ini, apalagi kalau sudah ada laboratorium. Nanti investor pun akan melirik potensi ini. Siapkan SDM dengan baik, saya akan membantu sebisa saya sebagai wali kota, mutu dan kualitas output tinggal di rektor dan jajaran,” kata Riza.

Riza juga menjelaskan terkait besar dukungannya kepada UM Sumbar kalau menyediakan pendidikan sejatinya adalah kewajiban negara, tetapi katika ada UM Sumbar yang ikut hadir ingin berkontribusi memberikan sarana edukasi bagi masyarakat, Riza sangat mengapresiasi ini.

“Kita melihat energi besar, kemampuan menciptakan nilai tambah berkelanjutan. Perhatian seperti ini harus disambut dengan baik,” kata Riza.

Ditambahkan wali kota dua periode itu, di hari ulang tahun UM Sumbar ke 66, semoga UM Sumbar bisa tumbuh dan maju, serta memiliki spesialisasi, tidak hanya kemampuan secara general atau umum saja.

“Selamat kepada UM Sumbar, bersama kita ciptakan generasi yang unggul dan berdaya saing demi kemakmuran Kota Payakumbuh,” tukuk Riza.

Sementara itu, Rektor Riki Saputra didampingi dosen senior Sevindra Juta menyampaikan dua bangunan yang dibangun di atas lahan seluas 1,8 hektar ini diresmikan bertepatan pula pada milad UM Sumbar ke 66 yang jatuh pada 18 November 2021.

“Untuk kampus fakultas kedokteran rencananya akan dibangun. Doakan semoga bisa terlaksana agar kita bisa melayani kebutuhan pendidikan masyarakat Kota Payakumbuh dan sekitarnya,” ujar Riki.

Turut hadir, Anggota DPRD dari Fraksi PKS Mustafa dan Kepala Dinas PUPR Muslim, serta Rektor Riki Saputra didampingi Dosen Senior Sevindra Juta bersama jajaran dekan, dosen, serta mahasiswa UM Sumbar. (adv)
#LipsusProtokolerPemkoPayakumbuh

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *