Pekerjaan RTH IKK Sarilamak Rampung, Insyaallah Awal Februari 2024 Akan Diresmikan Bupati Safaruddin

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com –

Hasrat Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo yang bermimpi akan membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan Ibu Kota Kabupaten (IKK) Sarilamak, Kecamatan Harau yang nantinya dapat dijadikan sebagai tempat bermain keluarga termasuk sebagai sarana berolahraga dan kegiatan sosial lainnya, akhirnya benar-benar dapat diwujudkan.

Menurut pantauan di lapangan, saat ini pekerjaan RTH IKK Sarilamak yang menjadi program unggulan Pemkab Limapuluh Kota itu pekerjaaan fisiknya sudah rampung seratus persen.

Jika tidak ada aral melintang, Insyaallah Pemkab Limapuluh Kota akan meresmikan RTH IKK Sarilamak tersebut sebagai taman bermain keluarga dan sebagai sarana olahraga serta kegiatan lainnya pada awal Februari 2024 ini.

Proyek RTH IKK Sarilamak yang pengerjaannya dilaksakan dua tahap itu berlokasi di kompleks Kantor Bupati Limapuluh Kota di kawasan Bukik Limau Sarilamak, Tanjung Pati, Kecamatan Harau.

Meskipun saat ini pekerjaan RTH IKK Sarilamak tersebut masih tahap penyempurnaan memperbaiki bagian-bagian yang belum sempurna, ternyata setiap sore, khususnya pada hari libur sudah banyak masyarakat, utamanya anak-anak yang datang bersama keluarganya menikmati RTH IKK Sarilamak yang terlihat megah itu.

“Kami merencanakan peresmian RTH IKK Sarilamak ini di awal Februari 2024 oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo. Saat peresmian akan diagendakan penanaman pohon sekaligus menebar ikan di kolam taman,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kabupaten Limapuluh Kota, Rilza Hanif saat ditemui, Senin (29/1/2024).

Diungkapkan Rilza Hanif rencananya akan diresmikan beberapa waktu lalu. Namun setelah dilakukan pengecekan terhadap fasilitas ternyata  ditemukan ada kekurangan.

“Pengerjaan RTH IKK Sarilamak itu sebenarnya dua tahap. Yakni tahap 1 tahun 2022 dan tahap 2 tahun 2023. Namun ternyata pengerjaan fasilitas RTH tersebut masih ada yang kurang dan saat ini dalam tahap penyempurnaan,” ungkap mantan Kepala Dinas PUPR Limapuluh Kota itu.

Menurut Hanif, adapun pekerjaan faslitas yang belum sempurna di RTH Sarilamak tersebut misalnya toilet untuk buang air kecil di bawah pentas belum berfungsi dengan baik.

“ Saat ini dalam tahap penyempurnaan. Paling  dalam satu minggu ini tuntas pengerjaannya. Termasuk juga menyempurnakan saluran air bersih,” ucapnya.

Diungkapkan Hanif, agar RTH IKK Sarilamak ini benar-benar sempurna sebagai tempat bermain dan berolahraga serta tempat kegiatan lainnya, Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kabupaten Limapuluh Kota juga merencanakan akan melakukan pengembangan taman dengan luas 2 sampai 3 hektare.

“ Nantinya, RTH IKK Sarilamak ini betul-betul dapat dimanfaatkan masyarakat menjadi Ruang Terbuka Hijau yang asri dan nyaman sebagai tempat bermain keluarga karena akan dilengkapi dengan berbagai sarana seperti ruang hijau, play ground atau taman bermain, fasilitas olahraga, ruang pertemuan. Sekaligus membangun pujasera representatif,” ungkap Hanif.

Diakui Hanif, saat ini Pemkab Limapuluh Kota belum mengalokasikan anggaran untuk penyempurnaan pembangunan RTH IKK Sarilamak tersebut. Direncanakan akan diajukan kepada Bapak Bupati, ” pungkas Hanif.

Sebelumnya Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo yang pernah diwawancarai menyatakan bahwa pembangunan RTH IKK Sarilamak tersebut akan diwujudkan sebagai bentuk keseriusan Pemkab Limapuluh Kota dalam percepatan pembangunan IKK.

“ Pembangunan RTH IKK Sarilamak adalah program unggulan Pemkab Limapuluh Kota yang sudah dituangkan dalam Visi-Misi Kepala Daerah. Kami sudah bertekad dimasa pemerintahan Safaruddin-Rizki Kurniawan yang tak genap 5 tahun ini, program mempercepatan pembangunan IKK secara bertahap akan terus kita laksanakan,”  ungkap Bupati Safaruddin.

Menurut Bupati Safaruddin, direncanakan tidak hanya membangun RTH, Pemkab Limapuluh Kota juga telah merencanakan akan membangun jalan dua jalur di poros jalan utamanya Tanjung Pati sampai ke kawasan Ketinggian Sarilamak.

“ Dengan terwujudnya pembangunan jalan dua jalur dari Tanjung Pati sampai ke Ketinggian Sarilamak tersebut, tentunya akan berdampak bagi wajah Ibu Kota Kabupaten Limapuluh Kota yang sesungguhnya,” ujar Bupati Safaruddin.

Diakui Bupati Safaruddin, untuk percepatan pembangunan kawasan IKK, Pemkab Limapuluh Kota juga akan melaksanakan pembangunan infrastuktur penunjang, termasuk merencanakan pembangunan Masjid Raya. (ds)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *