Pelantikan Anggota PPS Sijunjung Digelar Diluar Ruangan

oleh -22 views

Sijunjung, dekadepos.com

Mengantisipasi penyebaran Coronavirus disease (Covid-19), pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Sijunjung diadakan diluar ruangan yakni di halaman Gedung Pancasila Muaro, Minggu (22/3).

Pelantikan tersebut diikuti sebanyak 183 anggota PPS se-Kabupaten Sijunjung yang terdiri dari tiga (3) orang per Nagari.

Kegiatan itupun turut hadir Bupati Sijunjung, H. Yuswir Arifin, Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan undangan lainnya.

Dalam sambutan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sijunjung, Lindo Karsyah menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh peserta dan undangan lainnya karena kegiatan pelantikan tersebut dilaksanakan diluar ruangan.

“Pelantikan ini sengaja kita digelar diluar ruangan dan terkena langsung sinar matahari, ini merupakan bentuk antisipasi kita terhadap penyebaran Covid-19, untuk itu kami dari pihak KPU meminta maaf kepada kita semua,” ucapnya.

Dikatakannya, bahwa masa kerja PPS yang dilantik ini selama delapan bulan, terhitung 23 maret sampai 23 November 2020.

Ia meminta kepada seluruh anggota PPS agar selalu bekerja dengan jujur, penuh semangat, disiplin dan saling berkoordinasi sehingga apapun permasalahan yang ada bisa diselesaikan dengan baik.

“Yang sangat penting jagalah kode etik penyelengara pemilu dengan tidak melibatkan diri atau memihak kepada salah satu peserta pemilihan dan berikanlah pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan tugas serta wewenang yang diamanahkan dalam undang-undang,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menegaskan kepada anggota PPS agar melaksanakan tugas sesaui dengan tahapan pemilu yang telah dicanangkan.

“Kita berharap penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 ini dapat berjalan dengan aman dan damai serta lebih baik dan berkualitas, masyarakat yang telah memiliki hak pilih dapat menggunakan haknya dengan langsung, umum, bebas dan rahasia,”ujar Bupati dua periode itu.

Bupati juga mengajak anggota PPS dan umumnya masyarakat Kabupaten Sijunjung agar selalu menjaga kesehatan dan selalu waspada terhadap penyebaran Covid-19, apalagi penyebaran virus ini sangat mudah.

“Untuk itu, ajak seluruh komponen keluarga kita agar tidak terlalu sibuk diluar rumah, jagalah kesehatan serta tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, mudah-mudahan kita semua dijauhkan dari segala wabah dan bencana,” harapnya.(heru)