Peluang Irfendi Arbi Makin Terbuka Lebar Kalau Didampingi Desri

oleh -1.238 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Sebentar lagi, pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota untuk masa bakti 2021-2026 akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota.

Meski sejauh ini belum ada satu pasang pun bakal calon (balon) yang sudah ditetapkan sebagai kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Namun sejumlah nama dan tokoh yang layak dan pantas menjadi pemimpin bagi daerah penghasil gambir terkemuka di tanah air ini, sudah mulai mengapung.

Sejauh ini, untuk balon Bupati ada dua nama yang digadang-gandang berpeluang besar untuk dipilih kembali menjadi Bupati Kabupaten Limapuluh Kota. Kedua calon kuat itu adalah Bupati petahana Ir.H. Irfendi Arbi, MP dan Wakil Bupati incumbent H.Ferizal Ridwan, S.Sos.

Disamping dua nama tersebut, ada pula nama Muhammad Rahmad, Rizki Kurniawan Nakasri, Deni Asra, Maskar Dt.Pobo, Darman Sahladi, Rifa Yendi, Asyirwan Yunus, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Juni Hermon dan YB Dt.Parmato Alam  yang juga disebut-sebut berpeluang untuk dipilih menjadi orang nomor satu di Kabupaten Limapuluh Kota.

Sedangkan untuk posisi bakal calon Wakil Bupati, muncul nama pamong senior Desri, Ilson Cong, Syamsul Mikar, Wahyudi Thamrin, Harmen, Wardi Munir dan Yosi Danti,

Lantas, siapa balon Wakil Bupati yang cocok mendampingi Bupati petahana Ir. Irfendi Arbi, yang kini memiliki poling tertinggi versi AB Center Sumbar sebanyak 40,8 persen, agar sukses memenangkan pertarungan Pilkada yang makin hangat jadi perbincangan masyarakat Luak Limopuluah itu?

Banyak pengamat politik lokal dan masyarakat biasa menyebutkan bahwa, Bupati petahana Irfendi Arbi masih terlalu kuat untuk dapat dikalahkan oleh kandidat calon Bupati yang namanya saat ini telah mencuat pekermukaan.

Pasalnya, sosok Irfendi Arbi yang terkenal santun, bersahaja, rendah hati dan dekat dengan semua kalangan, utamanya masyarakat kalangan bawah ini, terlanjur banyak yang bersimpati dengan pola kepemimpin putra Simalanggang yang sangat sederhana dan merakyat ini.

“ Jujur, peluang Irfendi Arbi semakin terbuka lebar kalau berpasangan dengan pamong senior Desri. Pasalnya, populeritas Dersi jauh mengalahkan balon Wakil Bupati lain yang saat ini pengapung kepermukaan,” ungkap tokoh masyarakat Guguak, Am Neok memprediksi.

DISENANGI KALANGAN PENDIDIK DAN BIROKRAT

Tak hanya Am Neok yang berpikir demikian. Sejumlah masyarakat Limapuluh Kota juga menyatakan bahwa, langkah Irfendi Arbi untuk merebut kekuasaaan untuk kedua kalinya akan mulus jika berpasangan dengan Desri.

“ Populeritas Desri itu paling tinggi dibandingkan balon Wakil Bupati lainnya, karena dia disenangi oleh semua kalangan termauk kalan pendidik dan birokrat, ” ujar Yumi Rantina menulis dukungan di media sosial.

Desri, demikian putra Kototinggi, Kecamatan Suliki Gunuang Omeh ini biasa disapa, adalah birokrat senior yang berhasil membenahi sistim pendidikan di Kabupaten Limapuluh Kota sewaktu menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan.

Ditangan Desri lahir atau didirikan sejumlah sekolah SMA/SMK unggul dan ditangan Desri pula lahir para guru-guru berkualitas dan berprestasi yang berhasil mengharumkan nama sekolah dan daerah. Di era Desri banyak anak didik jebolan Kabupaten Limapuluh Kota diterima diperguruan tinggi ternama di tanah air dan bahkan sampai di perguruan tinggi luar negeri.

Banyak pihak menyebut, Desri, sosok pejabat yang suka humor, rendah hati, suka bergaul dan hobbi bersenandung dan suka seni dan menyenangi dunia olahraga serta taat beragama, karena dia memang dikenal sebagai ulama yang sampai saat ini aktif memberi pengajian di mesjid dan musalla itu, adalah figur yang layak dan pantas mendampingi Bupati petahana Ir.H. Irfendi Arbi.

Kemampuannya sebagai birokrasi sudah teruji. Artinya, tak perlu risau dan khawatir jika amanah Wakil Bupati itu benar-benar percayakan kepadanya Kabupaten ini akan salah urus. Dan, satu lagi, Desri dikenal loyal dengan pimpinan, disegani dan senangi para bawahan.

DISUKAI KAUM TANI

Sebagai pejabat yang suka bertani dan dibuktikan Desri sebagai contoh nyata kepada masyarakat bahwa, hidup sebagai petani tidaklah rendah dan hina, namun punya masa depan untuk mendukung ekonomi keluarga.

Walau Desri dikenal pejabat teras di daerah ini, tapi sampai saat ini dia aktif sebagai petani jeruk dan cabe dan tentu hal itu pantas dijadikan motifasi untuk membangkitkan atau mendorong para petani sebagai penghuni mayoritas di daerah ini.

DIKENAL PARA NINIK MAMAK DAN ALIM ULAMA    

Sosok Desri yang hanya seorang rakyat kecil dan mengawali karir PNS nya dari bawah, akhirnya sukses meraih pendidikan sampai S1 dan S2, bahkan berhasil meniti karir menjadi pejabat tinggi di dunia pemerintahan, tentu kemunculan sosok Desri sebagai bakal calon Wakil Bupati punya nilai sendiri untuk diperhitungan oleh masyarakat.

Berangkat dari seorang guru SMP di daerah terpencil Lunang Silaut, kabupaten Pesisir Selatan, di daerah itu Dersi sudah berhasil membangun sebuah SMA untuk anak-anak miskin. Selama 5 tahun anak tersebut dia bebaskan dari segala biaya. Di sekolah itu dia rela jadi Kepala Sekolah tanpa terima gaji selama 5 tahun. Tahun 2002 barulah dia diangkat jadi kepala sekolah definitif.

Berkat keikhlasan dan kesungguhannya, prestasi Desri terus melejit, hingga akhirnya dia dipercaya menjadi Asisten II Sekdakab Pesisir Selatan.

Tahun 2012, dia dipanggil pulang kampung oleh Bupati Alis Marajo dan dipercaya menjabat  kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam rentang waktu 2, 5 tahun menjabat di Dinas Pendidikan Limapuluh Kota, Desri berhasil membangun 6 buah SMA dan 2 SMK. SMA itu menjadi tumpuan masyarakat saat ini. Salah satunya adalah SMA unggulan boarding school (Sekolah Berasrama) di Tarantang, Kecamatan Harau.

Dalam karirnya, dia pernah jadi wartawan selama 12 tahun. Tak hanya itu, dia juga dikenal sebagai atlet pencak silat dan pelatih pencak silat Sumbar. Pernah dinobatkan selaku pelatih olahraga terbaik Sumbar tahun 2002. Dan satu hal lagi yang dapat dibanggakan dari seorang Desri dia juga dikenal sebagai ulama dan sampai saat ini aktif memberikan pengajian di Mesjid dan Musalla.

“ Kesimpulannya, jika masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota ingin memiliki seorang pemimpin yang rendah hati, cerdas, penuh dedikasi dan punya motifasi untuk bangkit dan membangun daerah dan ekonomi masyarakat lebih baik, maka sosok Desri paling layak disandingkan dengan Bupati petaha Irfendi Arbi,” ujar Yumi Rantina. (ds)