Pemilih Disabilitas di Payakumbuh Capai Ratusan Orang

Payakumbuh, Dekadepos.com

Jumlah pemilih Disabilitas di Kota Payakumbuh  mencapai 839 orang yang telah terdaftar Dalam Pemilih Tetap (DPT) Pemilu serentak tahun 2024, dari ratusan pemilih Disabilitas tersebut jumlah terbanyak berada di Kecamatan Payakumbuh Barat dengan jumlah 372 orang.

Memastikan agar pemiliih yang telah masuk dalam DPT tidak kehilangan hak pilih mereka, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh terus ingatkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ditingkat Kelurahan untuk memastikan memberikan C Pemberitahuan memilih kepada yang bersangkutan, sehingga hak pilih mereka bisa tersalurkan, termasuk kepada Pemilih Disabilitas.

Dalam Pemilu serentak tahun 2024 nanti, jumlah Pemilih di Kota Payakumbuh yang telah masuk Dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai
102. 468 pemilih yang tersebar di 5 Kecamatan dan 47 Kelurahan. Dari jumlah tersebut, jumlah pemilih perempuan lebih banyak yakni 52.050 orang dan pemilih laki-laki sebanyak 50.418 orang pemilih.

” Iya, dari 102. 468 pemilih di Kota Payakumbuh yang telah masuk dalam DPT pemilu serentak tahun 2024, kita memiliki pemilih penyandang Disabilitas sebanyak 839 orang,” ucap Ketua KPU Payakumbuh, Wizri Yasir usai Simulasi
Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu tahun 2024 yang digelar di jalan di depan Kantor KONI Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur, Rabu pagi 31 Januari 2024.

Wizri juga menambahkan, memastikan agar seluruh pemilih yang telah masuk dalam DPT tidak kehilangan hak pilih, Ketua KPPS dan jajaran diingatkan memberikan C Pemberitahuan memilih kepada yang bersangkutan, termasuk kepada Pemilih Penyandang Disabilitas.

” Himbauan kita tetap sama, kepada Ketua KPPS dan jajaran untuk memastikan memberikan Pemberitahuan memilih kepada yang bersangkutan, itu harus kita lakukan agar hak pilih mereka bisa tersalurkan, termasuk kepada Pemilih Penyandang Disabilitas,” tambahnya.

C Pemberitahuan memilih dalam Pemilu serentak tahun 2024 akan mulai disebarkan oleh KPPS pada tanggal 8 Februari. Jika terdapat pemilih yang tidak berada ditempat/dirumah, C Pemberitahuan memilih masih bisa diberikan tanggal 13 Februari 2024.

” Undangan itu (C Pemberitahuan memilih dalam Pemilu serentak tahun 2024) akan mulai disebarkan oleh KPPS pada tanggal 8 Februari. Jika terdapat pemilih yang tidak berada ditempat/dirumah, C Pemberitahuan memilih masih bisa diberikan tanggal 13 Februari 2024. Jelas mantan Ketua PCNU Kota Payakumbuh itu.

Nantinya saat hari pemilihan/pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024, pemilih yang telah terdaftar/masuk dalam DPT harus membawa C Pemberitahuan disertai dengan KTP Elektronik. (Edw).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *