Pemkab 50 Kota Bakal Bangun Ruang Terbuka Hijau untuk Sarana Berolahraga dan Tempat Bermain Keluarga

oleh -1.125 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Impian masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, utamanya bagi warga yang bermukim disekitar kawasan Ibu Kota Kabupaten Limapuluh Kota (IKK) Sarilamak, Kecamatan Harau, yang mendambakan hadirnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai tempat bermain keluarga, termasuk sebagai sarana berolahraga, tak lama lagi bakal terwujud.

Pasalnya, Pemerintah Daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Permukiman Kabupaten Limapuluh Kota, saat ini tengah merancang rencana pembangunan RTH tersebut di atas tanah seluas 3,6 hektar posisinya pas berada di komplek kantor Bupati Limapuluh Kota di kawasan Bukik Limau, Sarilamak, Kecamatan Harau.  

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo yang dikonfirmasi terkait rencana pembangunan RTH tersebut, membenarkan rencana tersebut.

“ Benar, Insya Allah, tahun anggaran 2022 pembangunan RTH tersebut segera akan dilaksanakan sebagai bentuk keseriusan Pemkab Limapuluh Kota dalam percepatan pembangunan IKK,” ungkap Bupati Safaruddin.

Bupati Safaruddin juga menyatakan, pembangunan RTH yang diperkirakan akan menelan dana sebenar Rp5 Milliar itu, adalah program unggulan pasangan Bupati-Wakil Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri yang sudah dituangkan dalam Visi-Misi Kepala Daerah.

“Kami sudah bertekad dimasa pemerintahan Safaruddin-Rizki Kurniawan yang tak genap 5 tahun ini, program mempercepatan pembangunan IKK secara bertahap akan terus kita laksanakan,”  ungkap Bupati Safaruddin.

Tak hanya pembangunan RTH, ulas Bupati Safaruddin, Pemkab Limapuluh Kota juga telah merencanakan akan membangun jalan dua jalur di poros jalan utamanya Tanjung Pati sampai ke kawasan Ketinggian Sarilamak.

“ Dengan terwujudnya pembangunan jalan dua jalur dari Tanjung Pati sampai ke Ketinggian Sarilamak tersebut, tentunya akan berdampak bagi wajah Ibu Kota Kabupaten Limapuluh Kota yang sesungguhnya,” ujar Bupati Safaruddin.

Diakui Bupati Safaruddin, untuk percepatan pembangunan kawasan IKK, Pemkab Limapuluh Kota juga akan melaksanakan pembangunan infrastuktur penunjang, termasuk merencanakan pembangunan Masjid Raya.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Permukiman Kabupaten Limapuluh Kota, dr.Adel Nofiarman, yang dihubungi dikantornya belum lama ini, membenarkan pihaknya tengah mempersiapkan rencana pembangunan Ruang Terbuka Hijau tersebut.

“ Saat ini pembangunan RTH tersebut sudah masuk tahap perencanaan administrasi dan perencanaan fisik ,“ungkap Adel Nofirman didampingi Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah dan Pertamanan, Yuniwal, MT,SE.

Ditambahkan Yuniwal, arel Ruang Terbuka Hijau kawasan IKK tersebut selain memiliki fungsi ekologi juga merupakan paru-paru kota atau wilayah. Di areal RTH tersebut nantinya akan menjadi daerah resapan air dan menjadi ruang terbuka tempat warga dapat bersilaturahmi dan berekreasi.

“ Nanti di kawasan RTH tersebut akan dibangun danau mini sebagai daerah resapan air, termasuk akan dibangun taman dan arena bermain bagi anak-anak dan keluarga, serta tempat berolahraga. Dan juga akan dibangun panggung di ruang terbuka, yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai tempat berbagai kegiatan atau acara-acara,” ulas Yuniwal.

Mantan Plt. Kadishub Limapuluh Kota ini juga mengungkapkan bahwa, pembangunan RTH tersebut diperkirakan menelan dana sebesar Rp5 Milliar dan sudah masuk proses pengajuan ke Pemkab Limapuluh Kota.

Untuk mempercantik dan memperindah kawasan RTH menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi oleh masyarakat, ulas Yuniwal, secara bertahap di kawasan Ruang Terbuka Hijau tersebut nantinya akan dibangun semacam tugu.

“Sesuai keinginan Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, nantinya pembangunan tugu yang akan menjadi ikon daerah Limapuluh Kota itu, desainnya akan di lombakan,” pungkas Yuniwal. (ds)

No More Posts Available.

No more pages to load.