Pemkab Limapuluh Kota Akan Rehab 300 Unit Rumah Tidak Layak Huni

oleh -271 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Keseriusan Pemkab Limapuluh Kota dibawah pimpinan Bupati Irfendi Arbi untuk mengangkat drajat dan harkat warga miskin guna mendapatkan rumah layak huni, terus dilakukan pimpinan pilihan rakyat ini.

Buktinya, tahun 2020 ini, sebanyak 300 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, akan direhab oleh Pemkab Limapuluh Kota.

Rinciannya, 120 Unit RTLH akan direhab memanfaatkan dana APBD Limapuluh Kota dan 180 unit lagi akan direhab dengan dana bersumber dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Provinsi Sumatera Barat.

Menurut Irfendi Arbi dalam acara peresmian salah satu rumah bantuan RTLH milik warga Yogi Sus Pemilu (48 tahun) di Jorong Kaludan, Nagari Sungai Talang, Kecamatan Guguak, Senin (29/6) mengatakan bahwa, program rehab RTLH ini penting dilakukan untuk membantu warga mendapatkan tempat tinggal yang layak huni, sehat dan nyaman.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Limapuluh Kota, melalui Kasi Kawasan Pemukiman, Ajisman mengatakan bahwa, 120 unit RTLH yang akan direhab memanfaatkan dana APBD Limapuluh Kota tahun 2020 ini, kondisinya benar-benar tidak layak huni.

“ Masing-masing rumah yang akan direhab t melalui program RTLH dianggarkan Rp30 Juta ditambah swadaya masyarakat dalam pembangunannya,” sebut Ajisman.

Lebih jauh Ajisman mengungkap, rehab rumah tidak layak huni bagi warga tidak mampu ini, tidak hanya mengandalkan anggaran APBD Limapuluh Kota saja. Namun tahun 2020 ini, Pemkab Limapuluh Kota juga mendapatkan bantuan untuk rehab rumah tidak layak huni sebanyak 180 unit dan anggarannya berasal dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Provinsi Sumbar.

“ Ada Sembilan Nagari di Tujuh Kecamatan di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota yang mendapat bantuan rumah tidak layak huni tersebut yakni, di Kecamatan Kapur IX, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kecamatan Harau, Kecamatan Gunuang Omeh, Kecamatan Akabiluru, Kecamatan Bukik Barisan dan Kecamatan Guguak yang mendapat bantuan BSPS ini,” ujar Ajisman. (edw)