Pemkab Tanah Datar Rapid Test ke Rekan Kerja Pasian Corona

oleh -41 views

Batusangkar, dekadepos.com

Pasien yang dinyatakan positif Corona virus (Covid 19)  26 Maret 2020 sebenarnya sudah terjangkit  19 Maret 2020 lalu, saat ini telah dilakukan perawatan dan isolasi di RSUD Ahmad Muchtar Bukittinggi.

Hal itu dijelaskan Kadis Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita Zedrianis dalam rapat koordinasi dipimpin Sekda Irwandi bersama Staf Ahli Bupati Nuryeddisman, Kalaksa BPBD Thamrin, Kadis Kominfo Abrar dan kepala OPD, serta Kabag lain di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid 19 di Pagaruyung, Sabtu (28/3/20).

Pasien positif corona itu, sebut Yesrita telah ditetapkan prosedur penanganan, sekaligus kita langsung mendata  yang melakukan kontak dengan pasien positif , tanggal 18 dan 19 Maret lalu. Ada 88 orang mencakup rekan kerja, petugas kesehatan, petugas transportasi ikut mengantarkan pasien ke RSUD Ahmad Muchtar.

88 orang rekan itu, tutur Yesrita, Jum’at malam dilakukan Rapid test/Test cepat. Sebanyak 36 orang yang dirapid test ternyata negatif, tidak ada Yang terjangkit.  Pagi Sabtu(28/3/20) dilanjutkan rapid test terhadap 52 rekan lain.

Sementara Sekda Irwandi menghimbau massyarakat Tanah Datar tidak panik dengan ada salah seorang warga Tanah Datar positif Corona virus, yang penting masyarakat harus waspada, meningkatkan imunitas dan kebersihan keluarga.

Bagi yang melakukan kontak erat dengan pasien positif Corona dilakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.Boleh jadi akan diisolasi di tempat terpusat, sedang disiapkan Komunitas di Lintau, Islamic Center  Pagaruyung, dan  Balai Diklat Kemendagri di Baso. ” Data saat ini tercatat ODP 146 orang, PDP tiga  orang, dan satu positif Corona.(hatiar)