Pemko Bukittinggi Berikan Bantuan Tahap Dua, Ini Kriteria Penerima

oleh -1.198 views

Bukittingi,dekadepos.com

Setelah penyerahan bantuan pangan tahap awal kepada 19.583 jiwa warga kurang mampu kota Bukittinggi sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sekarang Pemerintah Kota Bukittinggi siap siap untuk menyerahkan bantuan tahap dua untuk masyarakat pekerja non formal yang benar benar terdampak  secara ekonomi dalam penanganan wabah virus Covid-19 ini.

Untuk pemberian bantuan tahap kedua itu, Pemko Bukittinggi kembali menggelar rapat koordinasi yang diadakan secara Social Distancing di Balairung Rumah Dinas Walikota,Senin (13/4/2020). Rapat koordinasi yang dipimpin langsung Wali kota H.Ramlan Nurmatias itu,dihadiri Ketua DPRD,Herman Sofyan,Wakil Walikota H.Irwandi, Forkompimda, Sekda, Kepala SKPD, Camat, Lurah, Babinsa, Babinkam tibmas dan LPM Kelurahan se Kota Bukittinggi.    

Walikota H.Ramlan Nurmatias daolam rapat Koordinasi itu menjelaskan, untuk bantuan tahap kedua ini ditujukan kepada orang – orang yang benar – benar terdampak secara ekonomi setelah berjangkitnya wabah Covid-19 ini diluar keluarga yang terdata dalam DTKS dan PKH. Sedangkan untuk, Pegawai Negeri Sipil (PNS) , Keluarga TNI, Polri, Peg.kontrak,Peg. BUMN/BUMD, Pensiunan tidak termasuk dalam kriteria penerima bantuan ini.

Untuk Pendataannya dilapangan akan dilakukan oleh Babinsa, Babinkamtibmas, LPM dan RT, karena mereka berhubungan lansung dengan masyarakat dan memahami kondisi masyarakat dilapangan. kemudian, ada blanko surat pernyataan yang ditanda tangani oleh kepala keluarga dengan melampirkan fotocopy  KK dan KTP, “kita tidak inginkan ada kesalahan dalam penilaian kriteria dilapangan, diharap kan penerima bantuan benar  – benar tepat sasaran dan sesuai dengan krite ria yang telah ditetapkan”, ujar  walikota Ramlan Nurmatias.

Dikatakan ,untuk pendataan penerima bantuan pangan tahap dua ini, dimu lai pada hari Selasa (14/4/2020), untuk  memudahkan pedataan,sebaiknya dilakukan per RT dan diharapkan sebelum bulan Ramadhan bantuan pangan tersebut telah selesai dibagikan, kata Ramlan Nurmatias.   

Kemudian Walikota juga meminta kepada LPM, RT dan RW agar tidak bosan – bosannya menghimbau dan mengingatkan  masyarakat untuk selalu mengguna kan masker baik dirumah maupun diluar rumah dan meningkatkan kepedulian  masyarakat serta memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk selalu men jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bukittinggi Herman Sofyan dalam rapat Koordinasi itu menegaskan Bantuan yang diberikan Pemerintah Kota Bukittinggi kepada masyarakat murni bantuan kemanusian kepada masyarakat yang terkena dampak dari Penangan an Virus Covid-19.Dan pemberian bantyuan ini merupakan keputusan bersama Pemerintah Kota Bukittinggi,DPRD dan Forkopimda.

“Jadi tidak ada tujuan tertentu yang dilakukan Pemerintah Kota,apalagi di kaitkan dengan Pilkada.Bantuan yang diberikan Pemerintah Kota Bukittinggi mur ni bantuan kemanusian kepada masyarakat yang terdampak Penanganan Covid-19,”,ujar Herman Sofyan.

Untuk itu,Herman Sofyan meminta kepada peserta rakor ini,terutama kepa da RT,RW dan LPM agar bisa menjelaskannya kepada masyarakat,kalau bantuan yang diberikan Pemerintah kota Bukittinggi murni bantuan kemanusian terkait dengan Penanganan Wabah Virus Covid-19 atau Corona ,dan tidak ada kaitannya dengan yang lainnya.pungkas Ketua DPRD Herman Sofyan.

Sedangkan Kepala Kejaksaan Negeri Bukittinggi,Feri Tas dalam rapat Koor dinasi itu,juga menyatakan siap untuk mengawal pemberian bantuan Kemanusian oleh Pemerintah Kota Bukittinggi untuk masyarakat yang terkena Dampak Penang anan Virus Covid-19.Sehingga bantuan itu betul betul sampai kepada yang berhak menerimanya.( Edis )