Pemko Payakumbuh Dorong Masyarakat Ikut Awasi PAKEM

oleh -897 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

Mengantisipasi berbagai persoalan terkait Aliran Kepercayaan dan mewujudkan Kota Payakumbuh aman, Nyaman dan Kondusif bagi Pemeluk Agama, Pemerintah Daerah melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) mendorong Partisipasi Masyarakat dalam menumbuhkembangkan Daya Cegah Tangkal Dini Segala Bentuk Kegiatan Penyalahgunaan Aliran Kepercayaan Masyarakat.

Sehingga tercipta rasa aman ditengah-tengah masyarakat yang akan mendukung Proses Pelaksanaan Pembangunan disegala bidang yang berdampak pada terwujudnya Persatuan dan Kesatuan ditengah masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala KESBANGPOL Kota Payakumbuh, Budhy D. Permana dihadapan peserta Sosialisasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) yang digelar di Aula SMA N 2 Payakumbuh, Rabu pagi 8 September 2021. Kegiatan tersebut dihadiri puluhan peserta dari berbagai Kelurahan yang merupakan perwakilan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat pemuda dan pemudi.

” Kita terus berupaya agar Ketahanan di berbagai bidang, termasuk Kerukunan Umat Beragama dan Penghayatan Kepercayaan di daerah berjalan dengan baik. Untuk itu kita mendorong peranan semua lapisan masyarakat agar ikut mengawasi PAKEM.” Sebutnya.

Budhy juga menambahkan, dengan deteksi dini yang dilakukan bersama masyarakat untuk mengawasi PAKEM, diharapkan dapat mengantisipasi dampak buruk dan sejenisnya. Untuk itu pihaknya menghadirkan sejumlah narasumber terkait.

” Mendukung upaya deteksi dini terhadap dampak buruk PAKEM ditengah-tengah masyarakat kita menghadirkan Narasumber yang akan memberikan materi kepada puluhan peserta sosialisasi. Diantaranya, Walikota Payakumbuh, Kapolres Payakumbuh, AKBP. Alex Prawira, Kajari Payakumbuh yang diwakili Kasi Intel Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Robby Prasetya serta Ketua MUI.” Tutupnya.

Sementara Walikota Payakumbuh, Riza Falepi Berharap agar kegiatan Sosialisasi yang diikuti puluhan peserta dari berbagai unsur di Kota Payakumbuh dapat diikuti sebaik mungkin dan nantinya dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam pentingnya menjaga perdamaian, keamanan dan ketertiban guna Kerukunan umat beragama yang hidup saling berdampingan.

” Upaya untuk membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk memberikan pengawasan terhadap kepercayaan yang dianut ditengah-tengah masyarakat harus terus dilakukan, sebab hal tersebut bukan saja tanggung jawab pemerintah namun juga tanggung jawab bersama.” Ucap Walikota dua periode tersebut.

Mantan Anggota DPD RI itu Juga menambahkan, dari berbagai macam pengelompokan aliran aliran kepercayaan di masyarakat, sering ditemui kerawanan-kerawanan yang dapat menimbulkan suatu konflik. Dimana satu aliran/ajaran cenderung membenarkan aliran / pahamnya saja. (Edw).

No More Posts Available.

No more pages to load.