Pemko Payakumbuh Gelar Sarasehan Bersama Lansia

Kota Payakumbuh, Dekadepos.com

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Sosial bersama Bagian Kesra Setdako Payakumbuh menggelar acara sarasehan satu hari bersama para lanjut usia (Lansia), di Aula BIB Tuah Sakato Provinsi Sumbar di Kelurahan Sawah Padang, Payakumbuh Selatan, Kamis (9/8). Kegiatan tersebut  dibuka oleh Walikota diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Edvidel Arda, dan dihadiri pula oleh Kepala Dinas Kesehatan, Elzadaswarman, Sekretaris Dinas Sosial, Kasril Kamil, Kabag Kesra Ul Fakhri, pengurus Komda Lansia, dr. Iskandar, para lansia dan undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Staf Ahli Edvidel Arda menyambut baik dan apresiasi dengan kegiatan tersebut. “Pemerintah kota Payakumbuh sangat apresiasi dan mendukung kegiatan positif seperti sarasehan bersama lansia ini. Lansia adalah bahagian dari elemen masyarakat kita, keberadaan mereka perlu didukung dan diberikan pelayanan yang baik, karena lansia juga memiliki hak yang sama dengan warga masyarakat lainnya. Saat ini angka pertumbuhan lansia terus meningkat, hal ini menunjukkan buah dari keberhasilan pembangunan dengan indikator meningkatnya Usia Harapan Hidup (UHH) penduduk. Dan pasti menjadi perhatian dan kepedulian kita bersama, “terang Edvidel Arda.

Edvidel juga menambhakan, para lansia sepatutnya lebih peduli terhadap kesehatan mereka, tindakan yang bersifat promotif maupun preventif harus menjadi perhatian, agar dapat menikmati masa usia emasnya serta menjadi lansia yang berdayaguna dan bahagia. “Pemko Payakumbuh berusaha terus melakukan pemberdayaan terhadap lansia dengan program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) lansia, dan kita juga berhap para lansia Kota Payakumbuh lebih meningkat dan menjadi lansia yang lebih berbahagia dalam kehidupannya.

Dan para lansia haruslah menjadi insan yang sehat, aktif, dan produktif. Jangan sampai menjadi beban untuk keluarganya. Semua bisa dicapai apabila dipersiapkan jauh sebelum menghadapi masa-masa usia emas tersebut,” pungkas Edvidel.

Sementara itu Kepala Bidang Perlindungan Rehabilitasi dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial, Friza Susanti, menginformasikan kegiatan ini dilatar belakangi oleh semakin tingginya usia harapan hidup masyarakat kota Payakumbuh sehingga perlu menjadi perhatian semua pihak.

“Untuk menuju kota Payakumbuh sebagai Kota Ramah Lansia Tahun 2030 maka diperlukan adanya upaya peningkatan kesejahteraan sosial para lansia di Kota Payakumbuh, “ungkap Friza Susanti. Sarasehan ini menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Kepala Dinas Kesehatan, Elza Daswarman, unsur Kantor Kementrian Agama, pengurus Komda Lansia Kota dan dari Dinas Sosial. (Edw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *