Pengacara Diduga Dipukuli Oknum Pengusaha Kayu, Korban Lapor Polisi

oleh -363 views

Sijunjung, dekadepos.com

Didi Cahyadi Ningrat selaku Kuasa Hukum Koperasi Serba Usaha (KSU) Ranah Lisun yang memperoleh perlakuan tindakan pemukulan oleh oknum pelaku usaha kayu pada Minggu (10/5/2020) di depan SPBU Kunangan Parik Rantang telah membawa kasus tersebut ke ranah hukum.

 

Mantan anggota KPUD Sijunjung itu melaporkan ED cs, warga Kecamatan Kamang Baru yang diduga telah melakukan tindak penganiayaan pada dirinya saat berada di Jalan Lintas Kamang Baru-Kuantan Singingi.

 

Dalam keterangannya depan beberapa wartawan pada Senin (11/5/2020) di Muaro, pemukulan terjadi saat pulang dari pemasangan plang tata batas antara pemilik ulayat Sumpur Kudus (Kecamatan Sumpur Kudus) dengan Padang Tarok (Kecamatan Kamang Baru). 

 

“Saya yang menjadi korban pemukulan bersama kawan kawan saya, selaku pengacara KSU Ranah Lisun yang pada saat ini tengah mengadvokasi keberadaan Hutan Lisun, yang menjadi hak ulayat masyarakat Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung,” jelasnya.

 

Saat tiba di depan SPBU  Parik Rantang sekira pukul 18.10 wib, sambungnya, saya dihadang sekolompok pelaku usaha kayu (ED cs, red)

 

ED cs katanya sempat mengatakan, kalau Dia dan rekannya masuk tanpa meminta izin kepada mereka. “Padahal secara aturan kami tidak punya urusan dengan pihak tersebut, tapi dia mengatakan kalau lahan tersebut sudah dikontraknya dari PT Lisun. Padahal persoalan yang kami tangani ini antara PT Lisun dengan ulayat ninik mamak Sumpur Kudus atas nama Koperasi Serba Usaha (KSU) Ranah Lisun,” jelasnya. 

 

Meski kasus tersebut sudah ditangani oleh Polsek Kamang Baru, namun dirinya meminta kasus ini segera dilimpahkan ke Polres Sijunjung. Hal itu katanya demi keamanan dirinya serta menimbang jarak tempuh tempat kejadian perkara yang di Kecamatan Kamang Baru, dengan tempat tinggalnya yang berada di Tanjung Ampalu, Kecamatan Koto VII yang berjarak lebih kurang 100 kilometer.

 

Fetrizal, selaku Kasat Reskrim Polres Sijunjung membenarkan kejadian pemukulan tersebut, selanjutnya pihaknya akan tetap memonitr perkembangan kasus yang saat ini telah dilakukan penyidikan oleh personil Polsek Kamang Baru.(heru)