Pengadilan Negeri Pariaman Launching Program E-Court

oleh -584 views

Pariaman, www.dekadepos.com

Setelah melakukan sosialisasi program dengan para advokat se-wilayah hukum PN Pariaman, hari ini, Rabu 5 Desember 2018, PN Pariaman meluncurkan program e-court. Program e-court merupakan sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (Replik, Duplik, Kesimpulan, Jawaban) dan pemanggilan secara online. Jadi pada aplikasi e-court itu ada 3 komponen yang terkandung, yaitu e-filling atau pendaftaran perkara secara elektronik, e-payment atau pembayaran online dan e-summons atau pemanggilan secara online.

Sebelum acara peluncuran ini, menurut Sekretaris Pengadilan Negeri Pariaman yang juga Project Leader program, Zulkifli Lubis, dimulai dengan tahapan-tahapan atau kegiatan, yang diawali dari pembentukan Tim Efektif.

“Tim inilah yang telah bekerja keras membantu pengimplementasian program e-court di PN Pariaman, tentunya dengan bantuan dan bimbingan pimpinan dan segenap keluarga besar PN Pariaman”, katanya.

“Tahap selanjutnya adalah sosialisasi dan bimtek dengan stakeholder internal dan eksternal yaitu para advokat se-wilayah hukum PN Pariaman, yang berdomisili di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. Sosialisasi ini bertujuan memberikan informasi dan pemahaman kepada stakeholder bahwa PN Pariaman sudah ada program e-court, yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi kemudahan dalam berperkara di PN Pariaman.
Sebagai tahap akhir dari pengimplementasian program e-court ini, adalah acara launching ini, acara dalam skala yg lebih luas, yang bertujuan untuk memperluas informasi kepada masyarakat Kota Pariaman dan Padang Pariaman.” Urainya.

Sementara itu, Ketua PN Pariaman, Sapta Diharja, dalam sambutannya mengatakan, e-court ini merupakan salah satu jawaban dari visi dan misi Mahkamah Agung dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“Program E-court ini juga menjalankan amanat Perma Nomor 3 Tahun 2018, tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik” katanya.

Sapta Diharja juga mengharapkan kepada yang hadir dalam acara launching tersebut, untuk menyebarkan informasi mengenai e-court kepada masyarakat, selanjutnya menyatakan bahwa PN Pariaman sudah siap menerima perkara perdata dengan program e-court.

Acara berlangsung meriah, tampak hadir unsur Forkompinda Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, antara lain Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyudin, Wakil Ketua PA Pariaman, yang mewakili Bupati Padang Pariaman, Kajari Pariaman, Kapolres Padang Pariaman, Dandim Pariaman, para Advokat se Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman serta seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Pariaman. Diakhir acara dilakukan doa dan foto bersama. (Zul).