Pengakuan Tersangka Jambret: Ameh Urang Payakumbuh Gadang-gadang

oleh -4.959 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

Pengakuan mengejutkan diungkapkan satu dari empat pelaku Jambret (Curas.red) yang berhasil ditangkap Tim Opsnal Satreskrim Polres Payakumbuh didua tempat berbeda baru-baru ini. Tersangka SR (21) menyebut suka “Main” (beraksi.red) di wilayah hukum Polres Payakumbuh karena masyarakatnya suka menggunakan emas gadang-gadang (dalam ukuran besar/mencolok) sehingga memancing pelaku untuk terus melakukan aksi penjambretan.

Pengakuan itu diungkapkan tersangka SR kepada Polisi saat digelarnya Pres Release pengungkapan/penangkapan tersangka Jambret. Pres Release itu digelar di Polres Payakumbuh pada Senin 1 Agustus 2022.

” Iyo, ameh urang Payokumbuah Gadang-gadang (Iya, emas yang dipakai warga Payakumbuh besar-besar.” Ucap tersangka SR.

Mengantisipasi terjadinya kasus serupa, pihak Kepolisian menghimbau masyarakat untuk tidak menggunakan perhiasan secara berlebihan terutama saat bepergian.

” Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak menggunakan perhiasan secara mencolok dan berlebihan.” Himbau Kapolres Payakumbuh, AKBP. Alex Prawira melalui Kasat Reskrim, AKP. Akno Pilindo.

Sebelumnya diberitakan Tim Opsnal Satreskrim Polres Payakumbuh berhasil menangkap empat orang pelaku Jambret (Curas.red) yang kerap beraksi disejumlah tempat di wilayah hukum Polres Payakumbuh. Keempat pelaku/tersangka ditangkap disejumlah tempat, di Kabupaten Limapuluh Kota dan di Kota Pekanbaru-Riau.

Selain tersangka, penangkapan yang langsung dipimpin Kanit 1, IPDA. Zulfian itu juga mengamankan sejumlah Barang Bukti (BB) yakni, 2 unit sepeda motor, helm yang digunakan tersangka saat beraksi.

Penangkapan pertama dilakukan terhadap tersangka RD di Kawasan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota pada 27 Juli 2022 sekitar pukul 05.00 Shubuh. Tersangka yang beralamat di Kota Pekanbaru itu ditangkap saat pulang kerumah istrinya di Guguak. Karena terlelap tidur, ia (RD.red) dengan mudah ditangkap. Usai ditangkap, ia digelandang ke Mapolres Payakumbuh Kawasan Labuah Silang untuk pemeriksaan lanjutan.

Dihadapan Penyidik, tersangka mengakui aksi jambret yang ia lakukan sejumlah kawanan lainnya. Dari pengakuan tersangka, Tim Opsnal Satreskrim bergerak ke Kota Pekanbaru untuk pengembangan dan mengejar pelaku lainnya. Dua hari memburu kawanan yang terkenal sadis itu, Tim Opsnal Satreskrim Polres Payakumbuh berhasil menangkap tiga tersangka lainnya di Kota Pekanbaru, karena mencoba melawan dan melarikan diri, dua dari tiga orang tersebut ditembak.

Keempat tersangka yang berhasil dibekuk itu, RD, SR (22), RP (20) dan NHP (19), dua dari empat tersangka tersebut terpaksa ditembak karena mencoba melawan dan melarikan diri saat hendak ditangkap, keduanya SR dan RP.

Selain 4 orang tersangka (dua kelompok.red) yang berhasil dibekuk ini, masih terdapat sejumlah kawanan lainnya yang masih buron dan dalam pengejaran oleh Polisi.

Terakhir kali aksi kawanan ini adalah penjambretan di Kelurahan Padang Tinggi dan Kelurahan Padang Datar, dimana aksi tersebut terekam CCTV dan viral. (Edw).

No More Posts Available.

No more pages to load.