Pengelola Arsip SMP se Kabupaten Sijunjung Ikuti Bimtek

oleh -26 views

Sijunjung, dekadepos.com

Sebanyak 50 orang dari pengelola Arsip SMP/MTs se Kabupaten Sijunjung ikuti Bimtek Kearsipan di Hotel Kawana Padang selama 3 (tiga) hari, dimulai pada hari Selasa sampai dengan Kamis (17-19 Maret 2020).

Kegiatan yang digelar Aparatur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung ini dibuka Langsung Bupati Drs.H. Yuswir Arifin, MM serta dihadiri Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar Wardarusmen, SE, MM dan Narasumber dari Arsip Nasional (ANRI) Jakarta.

Bimtek dengan tema ” Selamatkanlah Arsip karena suatu saat dia akan menyelamatkanmu save the file because one day he will save you” ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan arsip bagi SMP/MTs se Kabupaten Sijunjung.

Dalam sambutannya Bupati Yuswir Arifin menyebutkan, Arsip memiliki manfaat yang sangat besar bagi organisasi pendididikan, karena setiap arsip merupakan informasi dari kegiatan yang telah dilakukan oleh sekolah. Arsip sekolah perlu dikelola dengan baik, sehingga arsip dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien.

“Oleh karena itu, dengan adanya Bimtek Kearsipan bagi pengelola Arsip SMP/MTs se Kabupaten Sijunjung ini, diharapkan pengelola arsip disemua sekolah bisa berjalan sesuai dengan standar kearsipan yang berlaku, dan arsip dapat ditemukan dalam 5 menit,”ujar nya.

Kepada seluruh peserta, Bupati Yuswir Arifin berharap setelah mengikuti Bimtek ini agar dapat menerapkannya di sekolah masing masing sesuai dengan tuntutan yang telah dipelajari.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Drs. Darlias dalam laporannya menyebutkan tujuan dilaksanakannya Bimtek.

“Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang kearsipan serta menciptakan SDM yang kompeten dibidang kearsipan dan membangun sistem kearsipan yang mampu menyediakan arsip yang cepat, akurat dan user friendly,”ucapnya.

Narasumber pada Bimtek ini lanjut Darlias, berasal dari Arsip Nasional (ANRI) Jakarta dan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.(Heru)