Peningkatan Kapasitas, DPRD Bukittinggi Ikuti Bimtek

oleh -104 views

Bukittinggi, dekadepos.com

Segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Bukittinggi mengikuti Bimbingan Teknis (BIMTEK) dalam rangka peningkatan kapasitas bagi Pimpinan dan Anggotanya. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Pangeran Beach Padang dan dibuka langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Barat, H. Jefrinal Arifin, Selasa (18/2).

H. Jefrinal Arifin dalam sambutannya sangat mendukung diselenggarakannya kegiatan Bimtek ini, karena hal ini sangat penting dan sangat dibutuhkan bagi Anggota DPRD dalam rangka meningkatkan kompetensi, profesionalitas dan keterampilan sebagai wakil dari rakyat.

“Kami sangat mendukung dan sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena Bimtek ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran serta menambah wawasan Anggota DPRD dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat”, jelas nya. 

Pada acara pembukaan Bimtek tersebut Wakil Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Rusdy Nurman juga ikut menyampaikan sambutan. Politisi muda dari Partai Demokrat tersebut menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek ini sudah diagendakan dalam Rapat Badan Musyawarah (BAMUS) DPRD, dimana pelaksanaanya merujuk kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 133 Tahun 2017 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. 

 Pada sambutannya Rusdy Nurman juga mengucapkan terima kasih kepada BPSDM Provinsi Sumatera Barat yang telah mengeluarkan Rekomendasi sebagai legalitas pelaksanaan Bimtek ini.

Untuk penyelenggaraan kegiatan ini DPRD Kota Bukittinggi bekerjasama dengan Lembaga Penelitan dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, dimana tema yang diusung, mengenai Optimalisasi Fungsi Pengawasan DPRD Melalui LKPJ, dan juga bermaterikan tentang sinergitas DPRD dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik, Pedoman Penyusunan Pokok-pokok Pikiran DPRD serta peran DPRD dalam penyusunan RKPD.

Untuk berkwalitasnya penyampaian materi ini juga dihadirkan narasumber dari berbagai kalangan seperti Wendra Yunaldi dari Praktisi Hukum, Willy Nofranita dari Akademisi dan juga Alpin Rahman dari Direktorat Jendral Keuangan Daerah Republik Indonesia. 

Kegiatan Bimtek ini berjalan dengan sukses dan maksimal. ”Mudah-mudah an dengan telah dilaksanakan Bintek ini, dapat lebih menambah pemahaman bagi Anggota DPRD Kota Bukittinggi dalam memaksimalkan peran dan strategi dalam melaksanakan tugas dan fungsi lembaga DPRD, sehingga sinergitas antara DPRD dan Pemerintah Daerah dapat terbangun  dalam mewujudkan kesejahteraan ma syarakat Kota Bukittinggi” ujar Rusdy Nurman pada acara penutupan,Jumat (21/2).( Edis )