Penyaluran Bantuan Dampak Covid-19, Irfendi Arbi Minta Nagari Percepat Pendataan

oleh -121 views
Bupati Irfendi Arbi gelar rapat bersama Forkopinca
Bupati Irfendi Arbi gelar rapat bersama Forkopinca

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Sebelum diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat termasuk di Kabupaten Limapuluh Kota, Bupati Limapuluh Kota, Ir. Irfendi Arbi, M. P bersama unsur forkopimda Limapuluh Kota melakukan rapat koordinasi dengan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota melalui video conference, Selasa (21/4).

Dalam rapat tersebut bupati langsung mensosialisasikan point-point utama yang nantinya akan diterapkan dalam pemberlakuan PSBB di Kabupaten Limapuluh Kota kepada seluruh jajarannya yang sebelumnya telah dijelaskan oleh Gubernur Sumatera Barat pada rapat koordinasi antara Gubernur dengan Wali/Bupati se Sumatera Barat beberapa hari yang lalu.

Selanjutnya, dalam rapat tersebut Bupati menekankan kepada Forkopimca dan pemerintah nagari untuk sesegera mungkin mendata seluruh masyarakat di tiap nagari yang terdampak oleh pandemi virus covid-19 ini, sehingga bantuan dapat disalurkan dan tepat sasaran.

“Saya memerintah kepada Wali Nagari hingga kepala Jorong untuk mendata seluruh masyarakat kita yang terdampak virus ini, sehingga bantuan segera diserahkan dan masyarakat kita akan terbantu,”sambungnya.

Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Limapuluh Kota tersebut juga menghimbau seluruh unsur Forkopimca untuk menjalankan pelaksanaan PSBB di Kabupaten Limapuluh Kota dengan cara yang berbudaya dan beragama.

“Dalam menjalankan PSBB ini nantinya kita himbau dan rangkul masyarakat untuk mematuhi PSBB ini dengan cara pendekatan yang persuasif dan berbudaya, beragama sebab daerah kita di Sumatera Barat ini memiliki kultur budaya yang kental sehingga masyarakat dapat menjalankan PSBB ini dengan baik,”sambungnya.

Di kesempatan itu Bupati Irfendi juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh gugus tugas penanggulangan covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota yang selama ini telah menjalankan tugas dengan baik dalam menjaga dan mencegah penyebaran pandemi Covid-19. “Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh gugus tugas yang telah menjalankan tugas dengan baik selama ini. Saya berharap kita terus fokus untuk menjalankan tugas dan tanggungjawab kita dalam melayani masyarakat, mohon kita kepada Allah SWT semoga pelaksanaan PSBB ini berjalan lancar didaerah kita,”pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0306-50 Kota yang diwakili Kasdim menjelaskan tujuan utama PSBB yang nantinya dijalankan tersebut adalah menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah dan menjaga jarak. Ia menjelaskan salah satu efek dari PSBB ini adalah terhambatnya masyarakat yang berada diluar Sumatera Barat untuk masuk ke Sumatera Barat. “Khususnya di Limapuluh Kota tepatnya di perbatasan kita dengan Provinsi Riau yaitu Kecamatan Pangkalan Koto Baru kita harus melakukan pemeriksaan dengan ketat, tegas, teliti dan terukur kepada orang yang masuk,”tuturnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan PSBB ini harus dilakukan dengan rasa penuh tanggungjawab dan koordinasi yang intensif diseluruh jajaran. Sehingga apapun hal-hal penting yang ada ditiap posko dapat diketahui dan dapat dicarikan solusinya.

Selanjutnya Ia mengatakan, pihak TNI-Polri serta Pemda Limapuluh Kota akan terus bekerja dengan maksimal dalam memberantas virus covid 19. “Ayo bekerja dengan sepenuh hati, Semoga daerah kita ini aman dan terhindar dari virus Corona ini,” ungkapnya.

Sedangkan Kapolres Limapuluh Kota yang diwakili Kasat Intel Polres Limapuluh Kota mengatakan harapannya kepada seluruh Forkopimca dan perangkat di Nagari se Kabupaten Limapuluh Kota untuk melakukan pelaksanaan PSBB dengan cara humanis yaitu dengan cara (3S), yakni Salam, Senyum dan Sapa, sehingga masyarakat akan merasa aman dan nyaman.

Disisi yang lain Kajari Payakumbuh, yang di wakili Kasi Datun, mengatakan pihaknya akan fokus pada penyaluran BLT yang ada tiap Nagari di Limapuluh Kota. Ia menuturkan untuk penyaluran BLT tersebut hendaknya dilakukan percepatan sehingga bantuan dapat segera disalurkan kepada masyarakat.

“Jika ada masalah yang terjadi saat menjalankan penyaluran BLT ini kita akan bahas secara bersama-sama nantinya, yang terpenting sekarang adalah bantuan ini dapat segera diterima oleh masyarakat,” tuturnya.

Ia mengatakan, bantuan tersebut nantinya harus tersalur tepat sasaran dan merata, kalau hal ini kita lakukan dengan baik maka masyarakat pasti akan merasa terbantu.(ton)