Perdalam Ilmu Jurnalistik, Dua Siswi SMA 2 Harau Kunjungi Redaksi Dekadepos.com

Payakumbuh, Dekadepos.com

Dua orang siswi SMAN 2 Kecamatan Harau (Boarding School) mengunjungi redaksi media Online Dekadepos.com di Kawasan Koto Nan Ampek, Kecamatan Payakumbuh Barat Minggu siang 26 Agustus 2018. Kedatangan dua siswi Jurusan IPA bernama Aida Nurhanafiah dan Laura Miftahul Khairat tersebut untuk menindaklanjuti hasil pelatihan jurnalistik yang pernah mereka ikuti sebelumnya di Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota Tanjung Pati.

Bacaan Lainnya

Menurut Aida, tujuan mereka datang untuk memperdalam ilmu jurnalistik agar berguna di masa depan kelak. “ Saya sudah sejak lama tertarik dengan dunia tulis menulis, terutama Jurnalistik. Pasca pelatihan Jurnaslistik bagi siswa/i yang digelar oleh Dinas Kominfo beberapa waktu lalu, saya ingin terus mengembangakan diri, makanya kami datang berkunjung ke Redaksi Dekadepos.” Sebut dara berusia 17 tahun itu.

Siswi Jurusan IPA Asal Kapur IX itu juga menambahkan, sebagai penulis pemula ia harus banyak belajar mengenai dunia tulis menulis, terlebih mengenai dunia jurnalistik. “ Tidak pun sebagai wartawan, saya bersyukur bisa mengikuti pelatihan jurnalistik dan menambah pengetahuan saya seputar dunia jurnalistik. Dan saya juga berharap para remaja yangn menjadi generasi penerus bangsa untuk bisa terampil dalam mengolah berita yang diinformasikan.”  Ujar Aida.

Sementara itu, pimpinan redaksi Dekadepos.com, Edwardi menyambut baik kedatangan dua siswi SMA 2 Harau tersebut. Sebab dengan bekal pelatihan jurnalistik yang pernah penah mereka ikuti tidak akan berguna jika tidak ditindaklanjuti dengan praktek. “Pelatihan jurnalistik yang sudah pernah diadakan sebelumnya harus ditindaklanjuti agar siswa/i terlatih untuk meliput berita-berita di sekitar mereka, baik di sekolah maupun di masyarakat. Dan yang terpenting mereka harus bisa membedakan mana berita bohong (Hoax) dan tidak, sebelum dibagikan kepada yang lain.” Ujar Edwardi.

Edwardi juga menambahkan, Kegiatan jurnalistik ini sangatlah berguna bagi remaja, khusunya bagi mereka yang ingin menjadi wartawan. Mereka dapat memberi informasi seputar sekolah dan masyarakat di skitarnya. Namun, untuk menjadi penulis berita/wartawan handal tentulah harus  menempuh proses dan harus dilakukan dengan rutin menulis berita. Termasuk memperbanyak membaca buku, rajin menulis, Sehingga dengan berlatih menulis berita, siswa/i menjadi terbiasa trampil dalam menyajikan informasi yang benar. (Aida/Siswi SMA 2 Harau).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *