Perjuangan Marsanova Andesra untuk Pembangunan Jalan SMPN 1 Harau Akhirnya Terwujud

oleh -1.784 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Sebagai wakil rakyat, Marsanova Andesra, kader Partai Amanat Nasional (PAN) punya komitmen kuat untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat dan program pembangunan di daerah pemilihannya.

Kegigihan Andes, demikian dia akrab disapa, tidak hanya sebatas memperjuangkan aspirasi masyarakat. Namun, lebih jauh dari itu, pratisi hukum yang terkenal sedikit ‘garang’ di meja perundingan di lembaga DPRD Limapuluh Kota saat menyuarakan kepentingan rakyat itu, juga rela berjuang mati-matian untuk menggolkan program pembangunan infrastruktur jalan, baik itu yang dibiayai dengan dana pokok pikiran (pokir) dia sebagai anggota DPRD.

Sebagai contoh yang akhirnya membuat Ketua DPC PAN Kabupaten Limapuluh Kota itu lega adalah, ketika dia  berhasil meyakinkan Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin terkait rencana pembangunan jalan lingkung SMPN 1 Harau yang sudah lama diperjuangkannya untuk dapat ditingkatkan dengan aspal.

“ Saya sengaja mengajak Pak Bupati Safaruddin meninjau jalan SMPN I Harau ini, karena rencana pembangunan jalan lingkung ini sudah lama Saya perjuangkan tetapi terkendala akibat aturan,” ungkap Andes disela-sela kunjungannya bersama Bupati ke SMPN I Harau, Rabu (8/9/2021).  

Kendala tersebut, ulas Andes, karena dia mengajukan rencana pembangunan peningkatan jalan lingkung SMPN I Harau tersebut memanfaatkan dana pokir senilai Rp150 juta melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK).

Diakui Andes, belum terlaksananya pembangunan jalan tersebut karena masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup).

“Alhamdillilah, Perbup atau Keputusan Bupati terkait penerimaan bantuan keuangan yang bersifat khusus bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Limapuluh Kota Tahun Anggaran 2021 itu, sudah selesai.

Artinya, tinggal menunggu Badan Keuangan Daerah Limapuluh Kota mentransfer dana bantuan keuangan yang bersifat khusus tersebut kepada Pemerintahan Nagari,” ungkap Ketua Fraksi PAN itu.

Andes menyebutkan, dengan telah terbitnya Perbup atau Keputusan Bupati Nomor:295 Tahun 2021 tentang penetapan penerima bantuan keuangan yang bersifat khusus untuk rencana pembangunan jalan SMPN I Harau tersebut, dia meminta OPD yang bersangkutan segera memproses dan jangan memperlambat karena dana tersebut akan dimanfaatkan untuk pembangunan sarana jalan menuju SMP rujukan di Kabupaten Limapuluh Kota ini.

Sementara itu Bupati Safaruddin mengaku sangat mendukung jalan SMPN I Harau tersebut ditingkatkan dengan aspal.

Pasalnya, keberadaan jalan tersebut selain akan dimanfaatkan sebagai sarana transportasi yang akan mendukung kelancaran pendidikan bagi anak-anak dan guru serta kariawan yang bertugas di sekolah tersebut, sekaligus jalan tersebut berpungsi sebagai jalan lingkungan yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

“Pada prinsipnya Pemkab sangat setuju dan mendukung segera direalisasikan pembangunan jalan SMPN I Harau ini. Sebab jalan merupakan sarana transportasi yang sangat penting dalam memperlancar perekonomian dan mendukung perkembangan sosial dan memperlancar pembangunan suatu daerah, sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat,” pungkas Bupati Safaruddin, sekaligus meminta OPD terkait segera memproses bantuan keuangan yang bersifat khusus itu. (ds)   

No More Posts Available.

No more pages to load.