Pesona Puncak Happy, Mutiara Kabupaten Solok Dalam Lumpur

oleh -816 views

SOLOK, Dekadepos.com

Banyak tokoh nasional dan daerah menyebut, bahwa keindahan Kabupaten Solok bak mutiara dalam lumpur. Bahkan seperti gadis cantik yang belum dipakai Make up.
Selain memiliki Lima Danau yang indah, yang tidak kalah penting adalah pemandangan alamnya, yang bisa mempesona setiap tamu yang datang.
Salah satu objek wisata yang menawan, tetapi belum ditata dengan baik, adalah Puncak Happy, yang terletak di Guguak Sarai.

Meski namanya belum sepopuler Puncak Gagoan di Alahan Panajang atau wisata Pendakian Gunung Talang, namun lokasi wisata alam Puncak Happy yang terletak di Nagari Guguak Sarai, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, semakin hari semakin diminati oleh para wisatawan lokal.

Tokoh masyarakat Guguak Sarai, Oktavianus Malin Sutan, kepad, Senin (7/1/2019), menyebutkan bahwa hampir setiap hari lokasi Puncak Happy didatangi wisatawan lokal, terutama pada hari Sabtu dan Minggu. Ratusan kaum muda bahkan para orang tua mengunjungi lokasi ini, sambil berselfie ria diatas bukit yang menawarkan pesona alam yang indah ciptaan Tuhan.
“Beberapa waktu lalu, tempat ini pernsh dikunjungi Bapak Wakil Bupati Solok dan juga dimuat media, saat ini masyarakat mulai mengetahui lokasi wisata Puncak Happy yang tidak kalah menariknya dari pendakian Gunung Talang,” jelas Oktavianus. Wisata alam Puncak Happy ini, bisa ditempuh hanya sekitar 15 menit dari Kota Bareh Solok arah ke Sawahlunto. Lokasi ini sangat gampang di temui, yakni masuk dari samping SD Negeri 05 Guguak Sarai, dan terus mengikuti jalan tersebut arah kebun kelapa sawit.
“Di sana nanti akan ada petunjuk dan juga ada tempat penitipan sepeda motor sebelum melakukan pendakian,” jelas Oktavianus. Dari lokas penitipan sepdea motor, Puncak Happy bisa ditempuh sekitar 10 hingga 15 menit menuju ke puncak. Masyarakat di sana ada yang bilang Puncak Happy ada juga yang menyebut Puncak Guguak Sarai atau Puncak Koto Laweh. Menurut Oktavianus, Puncak Happy mulanya tempat ini di buka oleh pemuda sekitar yang secara sukarela dan bergotong-royong membersihkan semak belukar dan membuat jalan menuju ke lokasi wisata. Namun setelah sampai di Puncak bukit, melihat pemandangan yang indah ke arah nagari, mereka para pemuda sepakat untuk memberi nama Puncak Happy atau puncak bahagia. “Dari atas puncak happy ini, kita bisa memandang hamparan persawahan yang indah dan perbukitan serta rumah penduduk di sekelilingnya,” jelas Oktavianus.

Wabub Yulfadri Nurdin juga berpesan agar pengelolaan puncak Happy dikelola secara profesional yakni antara pemerintah nagari dan pemuda di nagari, untuk mengembangkan objek wisata panoram yang terkenal di Kabupaten Solok, seperti Bukit Gagoan di Junjung Sirih, termasuk Puncak Happy di kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Puncak Gunung Talang di Kecamatan Gunung Talang dan juga Bukit Cambai di Lembah Gumanti.

“Semua objek wisata yang ada, sebenarnya bisa menjadi pemasukan PAD bagi kita, termasuk menghidupkan perekonomian masyarakat yang berada di dekat lokasi tersebut. Sayangnya semua itu selama ini belum kita manfaatkan dengan baik, karena dana terbatas tadi,” terang Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin (jarbat)