Petahana Irfendi Arbi ‘Galau’, Pilih Datuak Safar, Pengusaha atau Darman Sahladi

oleh -1.292 views

 

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Langkah politik bupati incumben Irfendi Arbi memang sulit ditebak. Di tengah kencangnya isu dia diprediksi tidak akan mendapatkan ‘kendaraan’ politik maju sebagai calon Bupati pada Pilkada Desember 2020 mendatang, tiba-tiba sepanjang, Kamis (16/7/2020) kemaren, beredar rumor Bupati pilihan rakyat itu tengah melakukan penjajakan dan akan berpasangan dengan tokoh muda asal Kapur IX, Darman Sahladi.

Meski romor tersebut sulit dipercaya, karena sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari kedua putra terbaik Kabupaten Limapuluh Kota itu, namun pasca terciduk sedang makan bareng di sebuah restoran ternama di kota ini, seakan-akan memberi jawaban bahwa, Irfendi Arbi-Darman Sahladi sepakat maju dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota yang akan digelar Desember 2020 mendatang.

Meski pun kedekatan Ketua PDI-P Limapuluh Kota dan Ketua DPC Partai Demokrat Limapuluh Kota itu baru sebatas romor, namun hebatnya kalangan elit dan pengamat politik sudah ada yang berani menyatakan, kalau benar Irfendi Arbi- Darman Sahladi dipasangkan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati, ini adalah sebuah kekuatan besar akan sulit ditandingi.

Sepertinya, prediksi itu bukan tanpa alasan. Soalnya, Irfendi Arbi dengan posisinya sebagai petahana, tentu memiliki peluang besar untuk diberi amanah dua periode.

Pasalnya, selama menjabat sebagai Bupati, Irfendi Arbi dikenal sebagai bupati yang bersih dari dunia kongkalingkong. Selain rendah hati dan sederhana, kekuatan besarnya berada di tangan masyarakat akar rumput yang begitu menyukai kepemimpinannya yang merakyat.

Sebaliknya, Darman Sahladi tak kalah hebatnya. Dia dikenal bukan sebagai politikus kacangan. Meski masih muda, perawakannya nan gagah, tenang dan tak suka meledak-ledak, namun kematangannya menggeluti dunia politik benar-benar sudah teruji.

Buktinya, beberapa kali bertarung di Pileg, putra terbaik Kapur IX yang pernah menjadi Ketua DPRD di Kabupaten Limapuluh Kota dan kini dipercaya sebagai wakil rakyat di DPRD Propinsi Sumatera Barat itu, selalu meraih suara terbanyak mengalahkan tokoh-tokoh partai lainnya yang ada di daerah ini.

Artinya, dukungan besar yang diperoleh Darman Sahladi dalam beberapa kali Pileg, tentunya menjadi bukti nyata bahwa dia adalah salah satu tokoh muda yang sangat pantas diberi amanah menjadi pemimpin bagi daerah penghasil gambir terbesar di negeri ini.

“Saya berani bertaruh, jika Irfendi Arbi-Darman Sahladi dipasangkan sebagai calon bupati dan wakil bupati, Pilkada Limapuluh Kota dianggap sudah selesai,” ujar warga Kapur IX yang enggan ditulis namanya berpendapat.           

Sementara itu, Irfendi Arbi ketika dikonfirmasi terkait rumor yang berkembang yang menyebutkan dia akan berpasangan dengan Darman Sahladi maju padaPilkada Limapuluh Kota Desember 2020 mendatang, tidak memberikan jawaban yang pasti soal itu.

Namun dari senyumnya yang khas dapat ditebak bahwa, bupati pilihan rakyat itu sedang ‘galau’ memilih tokoh-tokoh terbaik yang pantas dipilihnya sebagai pendamping, karena saat ini dia masih intens menjalin komunikasi dengan Safarudin Datuak Bandaro Rajo dan seorang pengusaha nasional putra asli Luak Limpuluah yang menyatakan bersedia mendampinginya pada Pilbup mendatang.

Ketika didesak apakah benar sedang berusaha melakukan pendekatan dengan Darman Sahladi, Irfendi Arbi tak membantah rumor yang sedang berkembang itu.

“ Ke arah itu bisa saja terjadi, karena kita butuh koalisi maju sebagai calon bupati,” ujarnya singkat disela-sela melayat ke rumah duka alharhum Am Chandra alias Pak Kumis, Kamis siang (16/7/2020) kemaren.

Sementara itu Darman Sahladi yang dihubungi media ini untuk wawancara terkait rumor yang berkembang, meski sudah berjanji akan bertemu Kamis sore (16/7/2020), namun belum berhasil ditemui, karena sampai menjelang malam dia masih rapat di kantor DPC Partai Demokrat di Jalan Raya Negara Tanjung Pati, Harau, diduga sedang alot membahas soal pencalonannya berpasangan dengan Irfendi Arbi. Benarkah? (ds)