PMI Bukittinggi Peringati Hari Donor Darah Sedunia

oleh -23 views

Bukittinggi, dekadepos.com

Palang Merah Indonesia (PMI) Bukittinggi gelar apel pembukaan donor darah dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia tahun 2020. Kegiatan yang dibuka Walikota H.Ramlan Nurmatias itu, dilaksanakan di pelataran pedestrian Jam Gadang, Sabtu (18/7).

Pelaksana Tugas (Plt). Ketua PMI Bukittinggi, Alfianus Dt. Samiak, pada kesempatan itu menjelaskan, kegiatan apel bersama ini, dilaksanakan dalam rangka Hari Donor Darah se Dunia. Untuk tahun ini, karena ada bencana non alam covid-19, peringatan dilaksanakan sinergi antara aksi donor darah dan sosialisasi protokol covid-19.

“Tahun ini juga ada 120 mahasiwa dari perguran tinggi di Sumatera Barat dan Riau yang sedang KKN di Bukittinggi. Mereka pun menamakan kegiatan mereka dengan KKN covid-19. Sehingga dalam peringatan hari donor darah sedunia ini, selain mengarahkan warga untuk berpartisipasi aktif dalam donor darah, juga mensosialisasikan protokol covid-19,” jelasnya.

Untuk itu, PMI berharap, dengan kegiatan ini, masyarakat mendapat informasi yang lebih jelas bagaimana menerapkan protokol covid-19 ditengah tengah masyarakat.

“Kita juga menekankan, saat ini sudah aman untuk melakukan donor darah dan Bukittinggi sangat peduli dengan persoalan covid-19,” tambahnya.

Walikota Bukittinggi, H.Ramlan Nurmatias, mengapresiasi kegiatan Hari Donor Darah Sedunia yang dilaksanakan PMI Bukittinggi. Ini kegiatan positif yang dapat meningkatkan jiwa kepedulian dan kemanusiaan.

“Virus covid-19 belum selesai. Meskipun sudah beberapa hari belakangan ini Bukitinggi sudah kembali ke zona hijau, namun warga
harus tetap waspada. PMI sangat banyak membantu dan terlibat dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. Kami atas nama pemerintah tentu sangat berterima kasih kepada PMI Bukittinggi,” ujar Ramlan Nurmatias.

Walikota Ramlan Nurmatias juga berpesan, covid-19 virus yang cepat menyebar. Generasi muda, bisa saja jadi OTG. Namun yang berbahaya itu, OTG menularkan kepada orang tua dan anak kecil. “Untuk itu, gunakan masker, pastikan diri sehat keluar rumah dan pulang dalam keadaan sehat pula,” ujar Walikota.

Dikatakan, PMI selalu bergerak di bidang sosial, khususnya bidang donor darah dan ikut aktif dalam penanggulangan bencana. “Donor darah menjadi bagian kegiatan PMI yang selalu kami monitor. Kita akan bantu terus dan pikirkan bersama untuk peningkatan kegiatan PMI, termasuk kantor PMI yang baru, karena lokasi yang ada sekarang ini akan dijadikan ruang terbuka hijau. Sukses terus untuk PMI,” pungkasnya.(Edis)