Polres Payakumbuh Ketatkan Pengamanan Misa Malam Paskah

oleh

Payakumbuh, Dekadepos.com

Polres Payakumbuh mengetatkan pengamanan  pelaksanaan Misa Malam Paskah tahun 2021 di Gereja Katolik St. Fidelis a. Sigmarinda Kota Payakumbuh, Kamis sore 1 April 2021.

Kapolres Payakumbuh, AKBP. Alex Prawira menyebutkan pihaknya menurunkan anggota Polisi berpakaian Dinas, juga anggota berpakaian preman. Termasuk sejumlah anggota dengan senjata Laras panjang. Jumlah anggota yang diturunkan mencapai angka delapan puluh personil.

Sejak pukul 16.00 Wib sejumlah anggota Kepolisian telah melakukan sterilisasi lokasi ibadah umat Kristen tersebut. Baik sterilisasi didalam maupun di luar gereja yang tak jauh dari Kantor Balaikota Payakumbuh ex. Lapangan Sepakbola Kapten Tantawi. Proses sterilisasi tersebut menggunakan beberapa buah metal detektor. Selain mengetatkan pengaman, Polres Payakumbuh juga mengetatkan Penerapan Protokol Kesehatan.

” Diberikan pengamanan terbuka dan tertutup oleh personel Polres Payakumbuh. Dengan Jumlah total 81 orang.” Sebut AKBP. Alex Prawira, Kamis siang 1 April 2021.

AKBP. Alex juga menyebutkan, personil yang ditugas tersebut berasal dari berbagai satuan, baik Satreskrim, Satintelkam maupun dari Sanlantas dan lainnya.

Dari pantauan di lokasi gereja yang juga tak jauh dari RSI Ibnu Sina itu, dua orang petugas kepolisian memeriksa setiap jemaat yang hendak masuk ke dalam gereja. Pemeriksaan dilakukan terhadap badan maupun bawaan jemaah yang diperkirakan mencapai puluhan orang itu.

Selain itu, juga terlihat beberapa personil bersenjata Laras panjang yang berjaga-jaga didepan Gereja. Sejumlah Perwira Polres juga terlihat turun langsung melakukan pengamanan, diantaranya Kabagops. Kompol. Khairil Median. (Edw).