Prajurit TNI Kodam I BB Terancam Dipecat

oleh -18.457 views
Panglima Kodam (Pangam) I Bukit Barisan, Mayjen TNI Irwansyah.

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Panglima Kodam (Pangam) I Bukit Barisan, Mayjen TNI Irwansyah mengingatkan Prajurit TNI dilingkungan Kodam Bukit Barisan untuk menjaga Netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang. Bagi yang “Mbalelo”, Irwansyah menyebutkan Sanksi siap menanti, bahkan sampai ke tingkat pemecatan sebagai Prajurit TNI.

Selain mengingatkan Prajurit TNI bahwa Institusinya adalah institusi Profesional, Pangdam juga mengingatkan masing-masing Komandan di wilayah/daerah masing-masing untuk tidak menjadikan pangkalan/markas sebagai tempat untuk menyebar/memasang bendera ataupun gambar-gambar Calon, baik calon walikota-wakil walikota, bupati-wakil bupati maupun gambar calon Gubernur dan wakil gubernur.

“ Tadi saya arahakan kepada seluruh Prajurit, jelang Pilkada ini kita harus netral. Memposisikan diri sebagai institusi yang professional, tidak memihak kepada suatu golongan. Jadi netral disitu artinya, tidak boleh ikut konvoi ataupun memihak kepada satu konstestan. Pangkalan (Markas TNI.red) juga tidak boleh dipasang gambar/bendera calon.” Sebut Panglima Kodam (Pangam) I Bukit Barisan, Mayjen TNI Irwansyah didampingi Danrem 032/Wirabraja Brigjen. TNI. Arief Gajah Mada dan Dandim 0306/50 Kota. Letkol. Kav. Ferry Lahe, Rabu 12 Agustu 2020 di Kawasan Lembah Harau saat menggelar ramah tamah dengan Muspida Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota serta Tokoh Masyarakat.

Bagi prajurit TNI yang terbukti tidak netral dalam Pilkada 9 Desember nanti, sanski siap menanti, bahkan sampai ke tingkat pemecatan.

“ Kalau tidak netral ya nanti akan kena sanksi, ada aturan itu, sanski tegas, bahkan sampai ke pemecatan.” Tutupnya.

Sebelumnya, Danrem 032/Wirabraja Brigjen. TNI. Arief Gajah Mada saat melakukan serah terima dan peresmian Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Nagari Sarilamak Kecamata Harau Kabupaten Limapuluh Kota, bakal menurunkan dua ribu prajurit TNI di jajaran Korem 032/Wirabraja untuk mengamankan dan menyukseskan Pilkada tahun 2020.

“ TNI selalu siap membantu pihak kepolisian dalam menyukseskan dan mengamankan jalannya Pilkada di Sumatera Barat.” Ucapnya. (Edw).