Prinsip-prinsip Ekonomi dan Relevansinya dalam Kehidupan Sehari-hari

Prinsip-prinsip Ekonomi dan Relevansinya dalam Kehidupan Sehari-hari

Oleh: Syaiful Anwar

(Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang)

Prinsip-prinsip ekonomi adalah fondasi dalam memahami bagaimana masyarakat mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tak terbatas. Tiga prinsip utama dalam ekonomi yang akan dibahas dalam artikel ini adalah penawaran dan permintaan, hukum utilitas marjinal, dan biaya kesempatan. Melalui pemahaman prinsip-prinsip ini, kita dapat menggali contoh-contoh relevan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Penawaran dan Permintaan

Prinsip penawaran dan permintaan mencerminkan interaksi kompleks antara produsen dan konsumen dalam pasar. Ketika penawaran suatu barang atau jasa meningkat sementara permintaannya tetap, harga cenderung turun, dan sebaliknya. Contohnya, selama musim panen, pasokan sayuran tertentu dapat melimpah, menyebabkan harga turun karena ketersediaan yang berlebih. Di sisi lain, saat musim hujan menyebabkan produksi sayuran menurun, permintaan yang tetap tinggi dapat mengakibatkan kenaikan harga.

  1. Hukum Utilitas Marjinal

Hukum utilitas marjinal menyatakan bahwa kepuasan tambahan yang diperoleh dari satu unit tambahan suatu barang atau jasa akan semakin berkurang seiring dengan konsumsi yang terus bertambah. Sebagai contoh, ketika seseorang sedang memutuskan berapa banyak cokelat untuk dibeli, kepuasan tambahan dari setiap batang cokelat tambahan cenderung berkurang. Awalnya, kepuasan dari cokelat pertama mungkin sangat tinggi, tetapi setelah beberapa batang, kepuasan tambahan tersebut mungkin tidak sebanding dengan biaya tambahan yang dikeluarkan.

  1. Biaya Kesempatan

Biaya kesempatan mencerminkan nilai terbaik dari pilihan yang terlewatkan ketika seseorang membuat keputusan. Sebagai contoh, seseorang yang memilih untuk bekerja tambahan pada akhir pekan sebagai sopir ojek daripada menghadiri acara sosial dapat mengalami biaya kesempatan berupa kehilangan waktu bersama teman-teman. Keputusan ini harus mempertimbangkan nilai waktu bersama teman-teman yang hilang sebagai biaya kesempatan dari memilih bekerja tambahan.

Prinsip-prinsip ekonomi menjadi dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi di semua tingkatan masyarakat. Dengan memahami dan menerapkan prinsip penawaran dan permintaan, hukum utilitas marjinal, dan biaya kesempatan, individu dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam mengelola sumber daya yang terbatas. Melalui contoh-contoh relevan dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat melihat bagaimana prinsip-prinsip ini berperan dalam membentuk dinamika ekonomi yang kompleks di sekitar kita. (*)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *