Proyek Infrastruktur Rampung 100 Persen

PAYAKUMBUH, dekadepos.com –

Proyek infrastruktur yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Payakumbuh, tahun anggaran 2018 hampir rampung 100 persen. Proyek tersebut meliputi pembangunan drainase, (Bidang Cipta Karya), pembangunan irigasi (Bidang PSDA) serta pembangunan jalan dan jembatan (Bidang Bina Marga).

“Untuk pekerjaan pembangunan drainase pada APBD 2018, tidak termasuk APBD Perubahan, pada 73 lokasi yang tersebar di sejumlah kecamatan. Pada tahap ini kita sudah memasuki tahap VHO. Untuk drainase ini sudah rampung 100 persen,” ungkap Kepala Dinas PUPR Payakumbuh, Muslim,ST.MSi didampingi Kabid Cipta Karya, Yasril yang dihubungi di kantornya.

Dikatakan, anggaran yang dialokasikan seluruh pembangunan fisik tersebut puluhan miliar untuk pembangunan drainase saja meningkat tiga kali lipat dari tahun lalu. Dimana pada tahun 2018 ini, anggaran yang digelontorkan mencapai Rp. 13 Miliar lebih, dan mampu membangun drainase pada 73 lokasi di Kota Payakumbuh. Sedangkan pada tahun 2017 lalu, anggaran yang tersedia hanya sekitar Rp. 4 Miliar lebih.

Diantara pembangunan drainase tersebut, Kelurahan Napar,, di depan Pasar Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, keduanya di Kecamatan Payakumbuh Utara. Untuk Jalan Sutan Syahril di Kelurahan Tanjuang Pauh, Payakumbuh Barat, Jalan Nasrun, Kelurahan Sungai Durian, Kelurahan Perambahan satu paket d kecamatan Latina.

Sementara itu, untuk paket tender sebanyak 7 paket yakni, rehab drainase Perumahan Kubang Gajah, Payakumbuh Barat, Jalan Kihajar Dewantara. kemudian Drainase jalan Aceh yang sudah memasuki tahapan VHO. Selain itu pembangunan drainase di Jalan Imam Bonjol di Kelurahan Daya Bangun, Balai Jariang, Kecamatan Payakumbuh Timur juga kebagian proyek drainase.

Sementara itu pembangunan drainase juga ada di Jalan Sudirman, Payolinyam, Payakumbuh Utara, jalan utama penghubung Payakumbuh-Pekan Baru, dibangun drainase sepanjang 630 meter dengan dana Rp788 juta lebih. Selain itu, ada proyek pembangunan drainase di jalan Dili, Jalan Rambutan, Jalan Bonai Indah Barat dan Timur, Jalan Sukarno-Hatta Parit Rantang, Payakumbuh Barat.

Menurut Muslim, untuk proyek irigasi kebanyakan pekerjaan lanjutan tahun lalu yang tersebar pada sejumlah kecamatan. Diantaranya pekerjaan normalisasi anak sungai tembok Jua, pelebaran batang Pulau untuk mengantisipasi banjir dan pekerjaan irigasi lainnya yang kini hampir rampung 100 persen. Sebagian besar sudah memasuki tahapan VHO, jelasnya.

Sementara untuk pekerjaan perluasan dan perbaikan jalan, kata Muslim, mayoritas rampung 100 persen, baik yang dilakukan dengan tender maupun dengan penunjukkan langsung (PL). Diantaranya pelebaran jalan Nasrun, jalan Palam jalan Syeh Ibrahim, jalan Ki Hajar Dewantara di Kecamatan Latina, jalan M.Yamin Air Tabik Payakumbuh Timur dan lain dengan aspal hotmik. Hal itu merupakan kado bagi HUT Kota Payakumbuh 17 Desember 2018 mendatang.

“Kita juga mengerjakan saluran irigasi di sejumlah kelurahan serta lanjutan pekerjaan tahun lalu seperti, irigasi Bandar Rawang di Balai Batuang, Payakumbuh Utara, diperkirakan mampu mengairi sawah petani setempat seluas 60 hektare,”sebutnya.

Selain itu juga dikerjakan pembangunan saluran irigasi batang Pulau lanjutan, guna memperlancar aliran air yang menumpuk di batang Pulau ketika turun hujan lebat, serta proyek pembangunan saluran irigasi lainnya yang tersebar di sejumlah kelurahan dalam Kota Payakumbuh,” pungkas Muslim. (edw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *