PT. Taspen (Persero) Serahkan Bantuan ke Bukittinggi

oleh -135 views

Bukittinggi, dekadepos.com

Walikota  Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syafnir, menerima bantuan 50 unit komposter dari PT. Taspen (Persero) cabang Bukittinggi yang diserahkan langsung oleh Kepala Cabang, Yuda Perwira di rumah dinas walikota Belakang Balok, Selasa (14/4).

Yuda Perwira pada kesempatan itu mengatakan,bantuan yang diberikan ini merupakan program bina lingkungan dari PT. Taspen guna membantu pemerintah kota Bukittinggi dalam pengelolaan lingkungan, karena sampah ini sangat sulit mengendalikannya dan jumlahnya sangat banyak.

“hal ini merupakan program bina lingkungan dari PT. Taspen untuk mem bantu pemerintah dalam pengelolaan lingkungan,khususnya masalah sampah yang sangat sulit mengendalikannya dan jumlahnya cukup banyak, kami berharap 50 komposter ini dapat dimanfaatkan oleh Dasa wisma – dasa wisma yang ada di Bukittinggi dan harapan saya  nantinya untuk bisa dilaksanakan, dengan adanya komposter ini sampah rumah tangga akan bisa menjadi pupuk dan punya manfaat jangka panjang”, ungkapnya.

Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias memberikan apresiasi dan meng ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan PT. Taspen, karena dengan adanya komposter ini akan dapat mengurangi timbulan sampah yang akan diantar kan ke TPA nantinya.

“kita mengucapkan terima kasih kepada PT. Taspen dengan bantuan kompo ster ini, dengan komposter ini tentunya nanti akan dapat mengurangi timbulan sampah yang harus diangkut ke TPA, dan nantinya komposter ini akan kita salur kan kepada masyarakat melalui dasa wisma – dasa wisma yang ada”, ujar Walikota Ramlan Nurmatias.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syafnir mengatakan, bahwa untuk saat ini timbulan sampah kota Bukittinggi melebihi 120 ton perhari dan yang bisa ditangani dan dibawa ke TPA sekitar 115 ton, sementara sesuai dengan kebijakan nasional kita harus mengurangi timbulan sampah itu sampai 20 persen untuk tahun 2020 ini. “ini adalah sebagai salah satu upaya pengurangan sampah, dengan mengaktifkan penggunaan komposter oleh masyarakat baik rumah tangga , maupun kelompok, sekolah dan perkantoran”, sebutnya.

Dikatakan Syafnir,satu komposter ini akan bisa mengurangi 4 sampai 5 kilo timbulan sampah perhari, dengan adanya 50 komposter akan mencapai 2,5 ton perhari pengurangannya, pungkas Syafnir.( Edis )