Puluhan Pengawas TPS Kecamatan Payakumbuh Utara Ikuti RAKERNIS Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Payakumbuh, Dekadepos.com

Puluhan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se-Kecamatan Payakumbuh Utara ikuti Rapat Kerja Tekhnis (RAKERNIS) Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu serentak tahun 2024, selain diikuti puluhan Pengawas TPS, Kegiatan yang digelar Senin pagi  12 Februari 2024 di aula Hotel di Kawasan Nan Kodok Kecamatan Payakumbuh Utara itu juga diikuti 9 Pengawas Kelurahan/Desa yang ada di Kecamatan Payakumbuh Utara.

RAKERNIS yang dibuka Ketua PANWASCAM Payakumbuh Utara, Tulas Rahmada Yona juga dihadiri dua anggota Rahma Yanti serta Desembda Putra, selain itu juga dihadiri Kapolsekta Payakumbuh, Danramil 01, Camat Payakumbuh Utara, PPK serta BEM Unand.

Ketua PANWASCAM Payakumbuh Utara, Tulas Rahmada Yona mengatakan bahwa RAKERNIS yang digelar penting dilaksanakan untuk memberikan informasi terkait kewenangan, tugas dan tanggungjawabnya Pengawas TPS saat hari Pemungutan dan Penghitungan dalam Pemilu serentak tahun 2024 yang dilaksanakan 14 Februari 2024.

” Iya, kegiatan ini sangat penting sebab akan menentukan apa yang akan dikerjakan Pengawas TPS (PTPS) dilapangan, pekerjaan mereka akan lebih efektif termasuk pemahaman terhadap aturan-aturan,” sebut Yona.

Ia juga menambahkan, dengan RAKERNIS yang digelar, PTPS mampu mencegah, mengawasi dan menindak terjadinya pelanggaran-pelanggaran dilapangan.

” Dengan RAKERNIS yang digelar, PTPS mampu mencegah, mengawasi dan menindak terjadinya pelanggaran-pelanggaran dilapangan,” tambahnya.

Lebih jauh Yona mengatakan bahwa, dengan berbagai bekal yang diberikan kepada Pengawas TPS, mereka mampu nantinya menjalankan tugas pengawasan, terutama saat pemungutan dan penghitungan suara Pemilu serentak tahun 2024.

” Pesan khusus kita kepada Pengawas TPS adalah, cegah jika ada potensi pelanggaran,  awasi dan laporkan serta tindak jika tidak direspon. Jangan hanya sekadar hadir di TPS, Pengawas TPS harus melakukan pengawasan dengan baik dan sesuai aturan.” Tambahnya.

Sementara Annisa, Pengawas TPS 06 di Kelurahan Tigo Koto Diateh (Padang Kaduduak) mengaku terbantu dengan berbagai pembekalan yang terus diberikan BAWASLU melalui PANWASCAM Payakumbuh Utara, sehingga ia bersama puluhan Pengawas TPS lainnya bisa maksimal dalam menjalankan tugas pengawasan.

” Tentu dengan berbagai pembekalan yang diberikan BAWASLU melalui PANWASCAM Payakumbuh Utara puluhan Pengawas TPS bisa maksimal dalam menjalankan tugas pengawasan,” ucap Annisa.

Ia juga berharap seluruh rangkaian pemungutan dan penghitungan suara Pemilu serentak tahun 2024 di Kota Payakumbuh, khususnya di TPS 06 berjalan sesuai aturan.

” Semoga seluruh rangkaian pemungutan dan penghitungan suara Pemilu serentak tahun 2024 di Kota Payakumbuh, khususnya di TPS 06 berjalan sesuai aturan.” Harapnya.

Beberapa tugas, Wewenang, kewajiban Pengawasan TPS adalah mengawasi persiapan pemungutan suara, mengawasi pemungutan suara, menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan dan atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara dan lainnya.

Jumlah Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) yang ada di Kecamatan Payakumbuh Utara mencapai 9 orang sesuai jumlah Kelurahan, sementara jumlah Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) mencapai 85 orang sesuai banyak TPS di Kecamatan Payakumbuh Utara.

Kapolsekta Payakumbuh diwakili Panit Sabhara, IPTU. Om Datra saat memberikan sambutan mengajak seluruh jajaran pengawasan di Kota Payakumbuh untuk terus melakukan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak, sehingga seluruh tahapan Pemilu serentak tahun 2024 berjalan dengan sukses.

” Mari terus lakukan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak, sehingga seluruh tahapan Pemilu serentak tahun 2024 berjalan dengan sukses, seban Pemilu di Negara kita di sorot oleh berbagai dunia.” Ucapnya. (Edw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *