Puluhan Peternak Sumbar Ikuti In House Seminar Manajemen Bebek Petelur

Payakumbuh, Dekadepos.com

Puluhan peternak di Sumatera Barat, khususnya ternak bebek petelur ikuti House Seminar Manajemen Bebek Petelur yang digelar di Ballroom Hotel di Kawasan Nam Kodok Kecamatan Payakumbuh Utara, Kamis siang 25 Januari 2024.

Kegiatan yang digelar secara berkala itu digagas oleh perusahaan Nasional yang bergerak dalam budidaya unggas, yakni PT Gold Coin Indonesia.  Seminar tersebut dilakukan agar peternak dapat lebih baik dalam menjalankan usahanya serta meningkatkan ekonomi.

Sejumlah pihak dari perusahaan yang berpusat di Kota Medan, Sumatera Utara itu hadir langsung untuk memberikan ilmu kepada peternak yang didominasi dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota tersebut. Diantara pihak perusahaan yang hadir, GM PT Gold Coin Indonesia Vincent Yap, Sales Manajer sekaligus pakar kesehatan hewan drh. Rika Herwinata serta Kepala Distributor Sumbar  Alexandro Aultobelly.

“Iya, kita tidak hanya sekedar memproduksi pakan ternak saja tetapi memberikan edukasi kepada peternak juga menjadi kewajiban kami,” ujar Vincent Yap diamini drh. Rika usai kegiatan.

Ia juga menambahkan, beberapa materi penting yang diberikan dalam In House Seminar Manajemen Bebek Petelur itu, cara pemeliharaan bebek petelur hingga bisa menghasilkan telur dengan kwalitas bagus. Menurutnya, edukasi-edukasi soal pemeliharaan bebek petelur tersebut sangat minim didapatkan oleh peternak, terutama bagi peternak tradisional.

” Cara pemeliharaan bebek yang benar merupakan hal penting dalam menjalankan usaha ternak bebek Petelur, isamping memberikan pakan yang baik. Dengan edukasi dalam Seminar yang diberikan, peternak bisa lebih paham sehingga dengan upaya tersebut bisa meningkatkan perekonomian bagi peternak,” ujarnya.

Vincent juga menyebut, PT Gold Coin Indonesia memiliki pakan khusus bagi bebek petelur. Pakan khusus keluaran  PT Gold Coin Indonesia memiliki kode 415.

“Pakan yang kita produksi sudah melalui berbagai kajian. Dengan pakan yang kita miliki bisa meningkatkan kwalitas telur bebek,” katanya lagi.

Dengan pakan yang diproduksi  PT Gold Coin Indonesia, umur bebek relatif cepat untuk bisa menghasilkan telur dan memiliki jangka lama bagi bebek untuk bisa bertelur. Dengan pakan biasa, ujar Vincent Yap, bebek baru mulai bertelur diumur 5 atau 6 bulan dengan masa bertelur satu tahun.

Tetapi, dengan pakan yang diproduksi PT Gold Coin Indonesia, bebek memasuki umur 4 bulan sudah bisa menghasilkan telur dalam jangka selama 2 tahun.

Sementara, Distributor PT Gold Coin Indonesia untuk wilayah Sumbar  Alexandro Aultobelly mengatakan, setahun sekitar 3000 ton pakan bebek yang dipasok untuk memenuhi kebutuhan  bebek petelur. Pasokan pakan itu, terbanyak untuk di Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Payakumbuh, Kota Padang, Agam dan beberapa kota dan kabupaten lainnya di Sumbar.

” Untuk respon dari masyarakat Sumatera Barat terhadap produk kita sangat tinggi, tiap tahunnya selalu terjadi peningkatan permintaan. Tiap tahun naik 1000 ton.” Jelasnya. (Edw).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *