Puluhan Siswa SLTA Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Puluhan Siswa/i dari sejumlah sekolah SMA/SMK di Kabupaten Limapuluh Kota mengikuti pelatihan peningkatan Sumber Daya manusia dalam bidang Komunikasi dan Informasi (pelatihan Jurnalistik) yang digelar di Gedung LPSE Kompleks Dinas Perhubungan Kabupaten Limapuluh Kota di Tanjung pati Selasa 7 Agustus 2018.

Bacaan Lainnya

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Feri Chofa membuka secara resmi kegiatan yang digelar selama satu hari tersebut. Dalam sambutannya Feri Chofa mengatakan bahwa sesuai dengan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik maka masyarakat luas harus mengetahui seluruh informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan, termasuk di sekolah juga diperlukan sumber daya manusia yang trampil dalam mengolah berita yang akan diinformasikan.

“ di Sekolah-sekolah sangat diperlukan sumberdaya yang akan mengolah berita yang akan diinformasikan, maka diperlukan pembekalan dasar-dasar jurnalistik. Mudah-mudahan dengan pelatihan ini kita semua termasuk siswa/i peserta pelatihan bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan.”. ujarnya.

Mantan Plt. Kepala Dinas Kominfo itu juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut hendaknya bisa diikuti oleh peserta sebaik mungkin.

Sementara Ketua Panitia pelaksana Kegiatan, Harnetti yang juga Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Publik dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan pelatihan jurnalistik bagi siswa sma/k se Kabupaten Limapuluh Kota akan melahirkan generasi muda yang bisa mengembangkan diri disekolah dan di masyarakat.

“ Pelatihan Jurnaslistik dasar yang kita gelar ini kita harapkan bisa menjadikan para peserta mampu dalam membuat berita. Untuk jumlah peserta mencapai 26 orang siswa/i. Selain materi dasar, kita juga langsung akan melakukan praktek mmebuat berita singkat di acara ini”. Sebut Harnetti diamini Reymon Yazid.

Edwardi, Kontributor TVRI Sumatera Barat dan Reporter www.dekadepos.com yang menjadi narasumber dalam kegiatan itu menekankan materi terkait pengertian Jurnaslistik, Proses, Jenis serta Tekhnik Jurnalistik.

“ Untuk menjadi seorang wartawan, adik-adik semua harus memahami beberapa hal, baik kode etik Jurnalistik, Tekhnik mencari, mengolah dan mempulish sebuah berita. Sehingga berita bisa menjadi menarik dan dibaca orang banyak.” Ujar mantan Wartawan Koran Sekolah itu. (Edw).

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *