Puluhan Warga Miskin Hidup Dalam Keprihatinan

oleh -440 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com

Sejak mewabahnya virus corona atau covid-19, tatanan ekonomi masyarakat, khususnya di Kabupaten Limapuluh Kota, benar-benar terpuruk dan bahkan nyaris kolep.

Menghadapi kondisi sosial ekonomi yang makin parah itu, Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, ingin terus berbagi dengan warga masyarakat, utamanya warga masyarakat kalangan tidak mampu yang tak berdaya memenuhi kebutuhan hidup mereka pasca meluasnya penyebaran pandemi virus corona atau covid-19.

Setelah sebelumnya berbagi kasih dengan warga tidak mampu di kawasan Kecamatan Suliki, Kecamatan Gunung Omeh, Kecamatan Bukit Barisan, Kecamatan Harau, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kecamatan Akabiluru, Kecematan Luhak dan Kecamatan Pangkalan, Rabu lalu (6/5/2020) Wabup Ferizal Ridwan kembali merajut tali kasih dengan warga tidak mampu yang ada di Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX.

“Meski pun Nagari Sialang salah satu daerah yang dikenal dengan sebutan ‘petro dollar’, namun akibat meluasnya penyebaran virus corona atau covid-19, sangat berdampak kepada tatanan ekonomi masyarakat yang ada di Kecamatan Kapur IX,” ungkap Wabup Ferizal Ridwan yang akrap disapa Buya Feri itu.

Sedikitnya, dari tiga wilayah jorong di Nagari Sialang, yang dikunjungi Buya Feri dalam kegiatan sosial bertajuk ‘memberi untuk anak nagari’ itu, puluhan warga miskin dan lansia dan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) berhasil ditemui Wabup Ferisal Ridwan.

Meski tidak semua orang miskin yang ada di Nagari Sialang itu mampu disantuni Wabup Ferizal Ridwan, karena keterbatasannya. Namun setelah melihat secara dekat dari kegiatan kemanusian yang dilakukannya, sepertinya orang nomor dua di Kabupaten Limapuluh Kota itu dapat merasakan betapa beratnya kesenjangan sosial terjadi di nagari yang memiliki julukan ‘petro dollar’ itu.

“ Sebagai Wakil Bupati, saya prihatin dan rasa jatuh ke dalam air mata saya tatkala menyaksikan betapa tingginya kesenjangan sosial di daerah penghasil gambir terbesar di tanah air ini. Kondisi itu, tentu makin diperparah dengan mewabahnya virus corona,” ungkap Buya Feri kepada awak media yang ikut dalam kunjungannya ke wilayah Kecamatan Kapur IX itu.

Setidaknya, dalam kunjungan ke Sialang didampingi Walinagari Sialang, Zasmurdi Khatib dan Wali Jorong Ronah Bengkek, Rais dan Wali Jorong Sialang Ateh, Yurmilize, Wabup Ferizal Ridwan selain menemukan 3 Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang bertahun-tahun hidup dalam ‘kandang’ pengasingan, dia juga berhasil menjalin tali kasih dengan puluhan warga tidak mampu dan lansia yang ada di nagari Silang tersebut.
Menjawab pertanyaan awak media bagaimana pemkab Limapuluh Kota menyikapi terjadinya kesenjangan sosial yang terjadi di daerah ini, Wabup Ferizal Ridwan mengakui bahwa, kelak harus ada komitmen dan keseriusan pihak Dinas Sosial untuk menanggani keluarga tidak mampu yang ada di daerah ini. (ds)