Puluhan Warga Payakumbuh Bakal ke Jepang

Payakumbuh, Dekadepos.com

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperindagnaker) berencana bakal mengirim puluhan orang tenaga kerja asal Kota Payakumbuh untuk bekerja disejumlah perusahaan di Negara Jepang.

Rencana tersebut diungkapkan Kepala Disperindagnaker Kota Payakumbuh, Dafrul Pasien didampingi Sekretaris Disperindagnaker, Isman Oyong, Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja dan Perindustrian, Dewi Novita di hadapan Niniak Mamak dan Camat Se-Kota Payakumbuh Selasa 15 Januari 2019 di Kantor Disperindagnaker Kota Payakumbuh Kawasan Kantor Balaikota Lama Bukik Sibaluik Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Rencana untuk mengirimkan tenaga kerja asal Payakumbuh ke Jepang itu merupakan program kerja Bidang Tenaga Kerja dan Perindustrian pada tahun 2019 ini, menurut rencana mereka yang akan dikirim ke Luar Negeri itu akan mengikuti pelatihan dan pembekalan terlebih dahulu, sehingga mereka siap untuk ditempatkan bekerja di luar negeri. Untuk itu Niniak Mamak dan Camat serta perangkat di Payakumbuh dihimbau untuk memberitahukan peluang kerja ke Luar Negeri itu kepada anak kemenakannya.

” Tahun 2019 ini kita berencana mengirim tenaga kerja asal Payakumbuh untuk ditempatkan bekerja di Luar Negeri, namun sebelum dikirim mereka akan dilatih agar memiliki ketrampilan dan keahlian. Mudah-mudahan setelah dilatih nanti mereka bisa lolos seleksi ke Jepang.” sebut Dafrul Pasien Diamini Dewi.

Dafrul juga menambahkan, untuk bisa lolos bekerja di Jepang, persaingan yang akan dilalui oleh Tenaga kerja asal Payakumbuh juga sangat ketat, sehingga kedepan dibutuhkan keseriusan dan ketekunan yang lebih dari peserta pelatihan termasuk untuk mempersiapkan diri lebih baik apalagi persyaratan cukup khusus.

” Untuk persaingan atau lolos seleksi memang sangat ketat, untuk tahun ini target kita tidak muluk-muluk, minimal setengah peserta bisa lolos. mereka juga akan tes kesehatan dan fisik dan lainnya. Tahun ini kita akan rangkul alumni yang pernah bekerja di Jepang.” sebutnya.

Pada tahun 2018 lalu, hanya 6 orang tenaga kerja asal Payakumbuh yang lolos seleksi untuk bekerja di Jepang. Untuk kontrak kerja di Jepang nantinya selama 3 tahun dan bisa diperpanjang hingga 5 tahun. Mereka yang lolos untuk bekerja di Jepang, selain telah lolos seleksi di tingkat Kota Payakumbuh, Propinsi juga ditingkat Nasional di Lembang.

Untuk mewujudkan tenaga kerja yang siap ditempatkan bekerja di Jepang, Disperindagnaker Kota Payakumbuh juga bakal bekerja sama dalam memberikan pelatihan kepada calon tenaga kerja dengan Lima Balai Besar Latihan Kerja di Indonesia, dinatarannya di Medan dan Bekasi.

Nurdal, Camat Payakumbuh Utara mengaku menyambut baik program kerja Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Payakumbuh, ia mengaku bakal segera menginformasik hal tersebut ke tengah-tengah masyarakat, sehingga generasi muda tamat sekolah yang belum memiliki pekerjaan dan ketrampilan bisa mengikuti pelatihan.

” Kita dukung program untuk mengurangi pengangguran di Payakumbuh, kami yakin program ini akan diminati sebab banyak generasi muda yang masih menganggur dan belum memiliki ketrampilan. ” sebut Mantan Camat Payakumbuh Barat itu. (Edw).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *