Puskesmas Lampasi Miliki Gedung Rawat Inap  

oleh -135 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

 Kota Payakumbuh menambah jumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang memiliki Gedung Rawat Inap. Walikota Payakumbuh Riza Falepi meresmikan pemakaian Gedung Rawat Inap Puskesmas Lampasi Kota Payakumbuh, Jumat 4 Januari 2019. Selain Walikota, juga hadir dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh Elzadaswarman dan Kepala RSUD Adnan WD dr. Efrizaldi serta anggota DPRD Payakumbuh Dapil Kecamatan Payakumbuh Utara dan Latina. Walikota Payakumbuh mengatatakan dengan telah selesainya pembangunan ruang perawatan Puskesmas Lampasi ini diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan. Kemudian juga dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Puskesmas Lampasi dengan segala bentuk inovasi pelayanan yang telah dikembangkan telah cukup mampu memberikan kontribusi lebih dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat Payakumbuh,” kata Riza Falepi dihadapan undangan yang hadir dalam Grand Opening Gedung Rawat Inap Puskesmas Lampasi tersebut.

Menurutnya, pembangunan sarana pelayanan kesehatan ini dilakukan secara bertahan yaitu akan diteruskan sampai dengan 3 lantai sesuai DED yang telah ada. Dimana pada tahun 2018 lalu dipersiapkan pelaksanaan pembangunan gedung puskesmas dengan membongkar bangunan lama/penghapusan aset.

“Namun karena keterbatasan alokasi dana maka baru bisa dibangun satu lantai. Tapi konstruksi bangunannya telah dipersiapkan untuk bangunan 3 lantai. Sehingga dengan diresmikannya Gedung Rawat Inap persalinan (PONED) ini, Puskesmas Lampasi bukan hanya dapat melayani rawat inap persalinan tapi juga rawat inap umum lainnya,” ujar Walikota Payakumbuh.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Lampasi dr. Harika Putra menjelaskan Puskesmas Lampasi memiliki beberapa inovasi seperti ANJALI (Antar Jemput Persalinan) dan penanggulangan Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan Krebek Jumatnya. Kemudian juga inovasi yang dikembangkan Dinas Kesehatan dengan motto Sikat Habis-nya, Delamu Tomat maupun Reppetisi atau Relawan Pemantau Peduli Hipertensi.

“Puskesmas Lampasi sebagai salah satu UPT Dinas Kesehatan Payakumbuh yang merupakan Fasilitas Pelayanan Tingkat Pertama dan Puskesmas Lampasi saat ini merupakan Puskesmas Rawatan yang menjalankan fungsi rawat inap PONED,” ujar dr. Harika Putra yang tahun ini melanjutkan studinya untuk mengambil spesialis di luar Kota Payakumbuh. (Edw)