Ramadhan Tahun 2021 Ini, tak Ada Pasa Pabukuan di Payakumbuh

oleh

PAYAKUMBUH, dekadepos.com –

Setelah melalui banyak pertimbangan dan memperhatikan berbagai aspek, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh tidak memfasilitasi Pasa Pabukoan untuk tahun 2021.

Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Yufnani Away mengatakan, keputusan ini diambil setelah dilakukan rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan juga dengan mempertimbangkan berbagai aspek, baik itu dari segi kesehatan, perekonomian, maupun ketertiban masyarakat.

“Walaupun Pemko Payakumbuh tidak memfasilitasi pasa pabukoan tapi masyarakat tetap bisa berdagang seperti biasa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat,” kata Asisten I Yufnani Away saat rapat bersama OPD di Ruangan Asisten II, Senin (29/03).

Asisten I menyebut walaupun tidak ada Pasa Pabukoan Pemko Payakumbuh tetap memberikan keleluasaan berdagang bagi masyarakat, asalkan jangan sampai mengganggu ketertiban umum serta menghambat kelancaran lalu lintas.

“Keputusan ini diambil agar ekonomi masyarakat tetap hidup, dan ekonomi masyarakat Payakumbuh tetap tumbuh,” ungkapnya.

Lebih lanjut Asisten I menjelaskan, “Untuk pasa pabukoan yang dikelola oleh nagari nantinya mengacu kepada surat edaran Wali Kota Payakumbuh,” terangnya.

Sementara itu Plt. Kalaksa BPBD Denitral mengatakan untuk surat edaran terkait pelaksanaan kegiatan selama bulan Ramadhan dan Pasa Pabukoan saat ini sedang disusun bersama Tim Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh.

“Kita akan adakan pertemuan dulu sebelum Surat Edaran ini ditetapkan,” ujarnya.

Dikesempatan itu juga Kasat Pol-PP yang diwakili Kasi Ops indra mengatakan Tim Yustisi akan tetap melakukan patroli protokol kesehatan selama bulan Ramadhan di seluruh Kota Payakumbuh.

“Yang kedapatan melanggar perda akan dikenakan sanksi sosial atau denda sesuai Perda Nomor 6 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru,” pungkasnya. (edw/rel)