Ratusan Hewan Telah Diperiksa

oleh -34 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

Ratusan ekor hewan ternak jenis sapi yang akan disembelih warga Kota Payakumbuh pada perayaan Lebaran Idul Adha/lebaran Haji tahun 2020 ini, dinyatakan aman dari penyakit.hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Payakumbuh, Depi Sastra melalui Kepala UPTD Keswan Kota Payakumbuh, drh. Trisna Yesy, Senin siang 27 Juli 2020 saat melakukan pemeriksaan terhadap puluhan ternak sapi warga di Kelurahan Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur.

Menurut drh. Trisna Yesy, Tim Keswan yang diturunkan sejak tanggal 24 Juli  lalu di lima Kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh telah melakukan pemeriksaan hewan yang akan disembelih nantinya. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi, pemeriksaan gigi, mulut, kecukupan umur dan pemeriksaan dari penyakit zoonosis.

Dari hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan petugas di lima Kecamatan, belum ditemukan adanya sapi yang terkena penyakit menular/zoonosis, sehingga hewan kurban tersebut aman untuk disembelih nantinya. Warga juga terus diingatkan untuk menyembelih sapi jantan untuk menjaga populasi ternak sapi.

“ Sejauh ini dari ratusan ekor ternak sapi kurban yang diperiksa petugas kita di lima kecamatan di Payakumbuh belum ditemukan adanya sapi yang kena penyakit menular. Kita hanya menemukan sapi yang deman karena kurang minum ataupun karena dijemur diterik matahari.” Sebut Kepala UPTD Keswan Kota Payakumbuh, drh. Trisna Yesy.

Kepala UPTD Keswan Kota Payakumbuh, drh. Trisna Yesy.

Ia juga menyebutkan, pemeriksaan terhadap hewan kurban akan terus dilakukan hingga H-1 sebelum lebaran idul adha.  Sementara dari hasil pemeriksaan sementara, untuk hewan kurban yang akan disembelih nantinya masih didominasi oleh sapi betina.

“ Pemeriksaan hewan akan terus kita lakukan hingga h-1 sebelum lebaran idul adha. Dari ratusan yang telah kita periksa, masih didominasi oleh sapi betina.” Tutupnya. (Edw).