Relawan Demokrasi Pemilu 2019 Ikuti Bimtek

oleh -438 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Sebanyak 55 orang perserta Relawan Demokrasi (RELASI) Pemilu 2019 mengikuti Bimbingan dan Teknis yang dilaksanakan KPU Kabupaten Limapuluh Kota di Shago Bungsu, Tanjung Pati. (20/01).

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut setelah 102 peserta yang mengikuti tes wawancara dan hanya 55 orang yang memenuhi syarat. Kegiatan ini juga sebagai langkah awal bagi Relasi untuk memulai kegiatan mereka selama 3 bulan ke depan.

Tampil sebagai narasumber, selain Mufti Syafri mantan ketua KPU Provinsi Sumbar tiga periode, juga tampil Amnasmen, Ketua KPU Provinsi Sumbar periode sekarang.

Kedua narasumber senior ini bertugas untuk mengayakan materi dan menambah pemahaman peserta  tentang sejarah pemilu di Indonesia dan pentingnya demokrasi dan peran serta masyarakat dalam Pemilu.

Selanjutnya pada sesi kedua, siang hingga selesai tampil lima komisioner KPU Kabupaten Lima Puluh Kota Masnijon, Arwantri, Rina Fitri, Eka Ledyana dan diakhiri Amfreizer yang kebagian sebagai pemateri dengan tema Penguatan Kelembagaan.

Amfreizer Koordiv Devisi Hukum dan Pengawasan KPU Lima Puluh Kota yang dihubungi via HP selulernya menyatakan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Bimtek dan mereka sangat antusias dan bersemangat menjadi Relasi Pemilu 2019.

“Dari 55 orang Relawan Demokrasi ini, 16 orang diantaranya sudah memiliki pengalaman dibidang kepemiluan, seperti pernah menjadi KPPS dan Pengawas di TPS. Selebihnya peserta yang benar-benar baru berkecimpung di kepemiluan dan bahkan ada yang  tidak tahu sama sekali tentang Pemilu” ujar mantan   anggota Balai Wartawan Luak Limo Puluah ini mengakhiri. (edw)