Ribuan Anak di Payakumbuh Telah Miliki KIA  

oleh -1.982 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcpil) Kota Payakumbuh, Yunida Fatwa mengatakan hingga pertengah Desember tahun 2018 ini pihaknya telah melakukan pencetakan dan membagikan 3.412 KIA bagi anak di Kota Payakumbuh, Kartu Identitas Anak (KIA) yang mempunyai fungsi yang sama dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi orang dewasa.

Sejak di Launching akhir Agustus lalu, jumlah pencetakan KIA tiap bulannya terus mengalami peningkatan. Untuk Agustus Disdukcapil telah mencetak 35 KIA, September 629, Oktober 1.184, November 1.026 dan Desember 538 Kartu KIA. Menurut Mantan Camat Payakumbuh Selatan itu, kedepannya pihaknya akan terus berupaya agar seluruh anak di Payakumbuh memiliki identitas berupa KIA.

“ Hingga pertengahan Desember ini kita telah mencetak tiga ribu lebih KIA bagi anak di Payakumbuh. Untuk tahun depan kita akan maksimalkan sehingga anak-anak yang bawah umur sudah memiliki KIA.” Ujarnya Kamis sore 13 Desember 2018.

Yunida juga menambahkan, jumlah anak di Payakumbuh mencapai 50.00 ribu orang, bagi anak yang belum memiliki KIA akan ditargetkan semaksimalnya pada tahun 2019 mendatang. Termasuk untuk lebih meningkatkan sosialisasi ketengah-tengah masyarakat. Apalagi masih banyak warga yang belum tahu dengan KIA.

Bagi orang tua/anak yang ingin mengurus KIA, harus melengkapi sejumlah persyaratan, diatarannya memiliki Akte Kelahiran, membawa Kartu Keluarga (KK) orang tua, KTP-El orang tua serta pas foto bagi yang berusia lima tahun keatas.

“ Untuk pengurusan KIA, bisa lansuns ke Kantor Disdukcapil dengan membawa sejumlah persyaratan, termasuk pas foto bagi yang berusia lima tahun keatas. Untuk foto latar biru yang tahun lahirnnya genap dan latar merah bagi yang tahun lahirnya ganjir.” Ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Amriul saat Launching KIA dalam peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Selasa (28/8) di Lapangan Sepakbola Tanjung Gadang, Kelurahan Tanjung Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat mengatakan bahwa tahun 2019 mendatang, Payakumbuh juga akan mencanangkan program KELANA (Kelurahan Layak Anak) agar bisa menjamin terpenuhinya hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa yang Bermartabat.

“Kita baru menerbitkan KIA pada tahun 2018 ini, karena kita pemerintah Kota Payakumbuh sudah dapat mencapai bahkan melampaui target nasional dari kepemilikan akta kelahiran bagi anak usia 0-18 tahun. Hal itu diberikan Kemendagri melalui Kepmendagri Nomor : 471.13-257/DUKCAPIL/2018 tentang penetapan Kabupaten/Kota sebagai Penerbit KIA tahun 2018, kedepan kita juga akan canangkan Program Kelana” beber Amriul.

Baca : https://www.dekadepos.com/2018/08/28/payakumbuh-lounching-kia/

Amriul juga menambahkan, KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan Disdukcapil. (Edw).