Ribuan Warga Luak Limo Puluah Gelar Aksi Tolak RUU HIP

oleh -1.318 views

Payakumbuh,  dekadepos.com

Ribuan warga Luak Limo Puluah (Payakumbuh-Limapuluh Kota, red) menggelar aksi damai di gedung DPRD Kota Payakumbuh di Jalan Sukarnohatta, Koto Nan IV Kecamatan Payakumbuh Barat, Pada  Jumat (24/7/2020). 

Kedatangan ribuan masyarakat yang didukung Forum Masyarakat Luak Limopuluah (FORMULA) dan Gerakan Nasional Penjaga Fatwa (GNPF) Ulama Luak Limopuluah dari berbagai Ormas Islam ini, menolak Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dan  Rancangan Undang-undang Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (RUU BPIP) yang disebut-sebut mengantikan RUU HIP. 

Ratusan masa bergerak dari depan Masjid Ansharullah, pusat Kota Payakumbuh, dimulai pukul 13.30,  berjalan kaki dan iring-iringan kenderaan baik roda dua maupun empat menuju gedung DPRD Payakumbuh. 

Dalam orasinya, Kordinator aksi Siddieq Al-Minangkabawy menyampaikan bahwa perwakilan aksi damai berdialog dengan DPRD Kota Payakumbuh. Masa meminta DPRD Kota Payakumbuh menyampaikan aspirasi masa kepada DPR RI untuk menolak RUU HIP dan RUU BPIP. 

“Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dan  Rancangan Undang-undang Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (RUU BPIP) yang disebut-sebut mengantikan RUU HIP segera dibatalkan,” ucap M. Siddieq.

Dalam aksi damai itu, peserta tetap mengikuti protokol covid-19 dengan menggunakan masker. Kemudian peserta aksi juga mematuhi aturan lalulintas dengan mengguna helem. 

Aparat kepolisian dari satuan lalulintas juga melakukan pengawasan arus lalulintas, sehingga kenderaan lalulintas tetap lancar dan Aman. (edw)